Disperindag Pantau Stok Pangan Jelang Idulfitri

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 92

Disperindag Pantau Stok Pangan Jelang Idulfitri
Ilustrasi. (Net)
SINTANG, SP – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Sintang menggelar pemeriksaan mendadak stok bahan pangan di sejumlah pasar di Kabupaten Sintang.

Kepala Disperindagkop dan UKM Sintang, Sudirman mengatakan, Sidak yang dilakukan di sejumlah agen, toko modern da pasar pangan merupakan kegiatan rutin menjelang perayaan hari raya Idul Fitri.

“Menjelang Idul Fitri, kami memang selalu mengecek stok barang yang ada di pasaran,” katanya, Selasa (5/6).

Selain melihat ketersediaan stok barang, pihaknya juga selalu memantau perkembangan harga pangan dan barang. “Termasuk mengawasi ada tidaknya peredaran barang illegal,” kata dia. 

Berdasarkan hasil Sidak yang dilakukan ditemukan adanya kenaikan harga jual daging sapi. Harga daging sapi segar, yang semula dijual Rp135 ribu perkilogram, naik menjadi Rp150 ribu. Selain daging sapi segar, harga daging ayam juga naik dari Rp35 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu. Sedangkan telur ayam, harganya naik dari Rp1.400 perbutir menjadi Rp1.800 perbutir.

“Beberapa harga komoditi pangan memang mengalami kenaikan. Tapi saya kira kenaikannya masih di garis toleransi,” kata Wakil Bupati Sintang, Askiman yang turut hadir saat Sidak dilakukan.

Dikatakan Askiman, sidak pasar yang dilakukannya itu untuk memastikan ketersediaan stok barang, kestabilan harga, mengecek ada tidaknya peredaran barang illegal dan mengecek ada tidaknya barang yang kadaluarsa. 

“Hasil pantauan kami, stok pangan dan barang aman hingga Idulfitri nanti,” yakinnya. (tra/jee)