Pemudik Tetap Bisa Nikmati Layanan BPJS Kesehatan saat Libur Lebaran

Sintang

Editor Indra W Dibaca : 131

Pemudik Tetap Bisa Nikmati Layanan BPJS Kesehatan saat Libur Lebaran
Petugas mencocokan data warga peserta BPJS di kantor pelayanan BPJS Kesehatan. (Ant)

SINTANG, SP - Selama libur Lebaran 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberi kemudahan bagi semua peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk berobat dimanapun. Peserta JKN-KIS yang sedang mudik tidak perlu khawatir akan jaminan kesehatan selama perjalanan.

Kepala BPJS Cabang Sintang, Idham Kholid mengatakan, pihaknya memastikan untuk terus memberikan pelayanan pada peserta BPJS selama libur Lebaran. Semua peserta JKN-KIS dapat memperoleh layanan kesehatan di semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di manapun mereka berada.

“Meski di luar kota, semua peserta JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan kesehatan di semua FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut dengan maksimal tiga kali kunjungan,” kata Kholid.

Ia menambahkan, jika tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan, sementara peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD RS untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada keadaaan kegawatdaruratan, seluruh fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,” ujarnya.

Idham menyampaikan bahwa Kantor Cabang BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan khusus bagi peserta JKN-KIS pada libur lebaran tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

“Ada beberapa jenis pelayanan kesehatan yang diberikan, yaitu pendaftaran bayi baru lahir, pelaporan kelahiran bayi yang sudah didaftarkan saat masih dalam kandungan, pendaftaran PBPU atas rekomendasi Dinas Sosial, penerbitan kartu peserta BPJS yang hilang atau yang belum menerima kartu meskipun sudah membayar iuran, permintaan reaktivasi Virtual Account peserta PPBU, aktivasi peserta dan terkahir pelayanan denda,” tuturnya. (tra)