Jarot Sidak OPD di Hari Pertama Kerja, Sejumlah Pegawai Ditemukan Bolos Kerja

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 54

Jarot Sidak OPD di Hari Pertama Kerja, Sejumlah Pegawai Ditemukan Bolos Kerja
BERSALAMAN – Bupati Sintang, Jarot bersalaman dengan pegawai OPD di lingkungan Pemkab Sintang di sela pelaksanaan Sidak. Dari hasil Sidak, ditemukan beberapa pegawai tidak masuk kerja tanpa alasan. (Humas)
Bupati Sintang, Jarot Winarno
"Ada juga yang sengaja membolos. Untuk ini kita akan tindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku, nanti diproses oleh BKSDM"

SINTANG, SP - Bupati Sintang, Jarot Winarno, dan Inspektur Kabupaten Sintang, Apolonaris Biong melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Sintang, Kamis (21/6). Sidak ini dilakukan pada hari pertama masuk kerja usai libur panjang Idulfitri 2018. 

“Sesuai arahan Kementrian Pemberdayan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan–RB) Sidak tahun ini untuk membandingkan dari tahun-tahun sebelumnya, situasi hari pertama kerja usai libur, apalagi tahun ini kita libur lebih dari 10 hari,” ungkap Jarot.

Dikatakan Jarot, dari laporan catatan Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sintang 90 persen pegawai masuk kerja di hari pertama kerja setelah libur Idulfitri.

Menurutnya 10 persen pegawai yang tidak masuk kerja disebabkan beberapa hal, seperti tugas luar kota, ada juga yang tidak masuk karena mengambil cuti.

“Ada juga yang sengaja membolos. Untuk ini kita akan tindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku, nanti diproses oleh BKSDM,” kata Jarot.

Dalam kunjungan ini, Jarot juga menggunakan kesempatan untuk memberikan arahan kepada staf di masing-masing instansi yang didatangi. Adapun instansi yang di sidak adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Puskesmas Tanjung Puri, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian dan Perkebunan. 

“Saat ini kan tahap penguatan prime mover, saya ingin memastikan, dengan memberikan arahan sekalian saya melakukan Sidak, karna itu tahun ini saya melakukan Sidak ke OPD yang bukan layanan publik,” tutup Jarot. 

Sementara Kepala Inspektorat Kabupaten Sintang, Apolonaris Biong melakukan Sidak di RSUD A.M. Djoen Sintang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Camat Sintang, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 

“Dari hasil Sidak kita melihat tingkat kepatuhan PNS tidak ada masalah,” kata Biong. 

Di RSUD disebutkan ada peningkatan jumlah layanan pada rujukan pada akibat kasus kecelakaan lalulintas.

“Di Disdukcapil, pelayanan tetap berjalan dengan lancar dan baik, bahkan mereka sangat sibuk meng-handle data-data baru, karena menjelang Pilgub,” terang Biong.

Hasil Sidak Diserahkan ke Kementerian

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Palentinus, menyampaikan hasil Sidak akan disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Terkait dengan pegawai yang tidak masuk kerja tanpa izin akan di serahkan kepada pimpinan OPD yang besangkutan untuk tindaklanjut pemberian sanksi.

“Kecuali yang agak berat, nanti kita dari tim Baperjakat memberikan sanksi, tapi kalau tingkat kehadirannya masih dapat diberikan toleransi, diberikan teguran secara lisan maupun tertulis, “ ungkap Palentinus.

Tanpa mengurangi arti dari pasca Idulfitri, ia meminta ASN di lingkungan Pemda Sintang untuk melaksanakan tugas sebagai ASN dan masuk kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kalau memang ada masalah misalnya sakit dan izin, izinlah dengan pimpinan kita,” papar Palentinus. (hms/jee)