Masyarakat Sintang Masih Andalkan Transportasi Sungai

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 150

Masyarakat Sintang Masih Andalkan Transportasi Sungai
TRANSPORTASI SUNGAI – Sejumlah warga menggunakan jasa transportasi sungai. Bagi sebagian masyarakat di wilayah hulu Kabupaten Sintang, transportasi menggunakan jalur sungai merupakan akses transportasi utama mereka. (Net)
SINTANG, SP - Tumpuan masyarakat Sintang terhadap transportasi air masih sangat tinggi. Seperti masyarakat wilayah perhuluan Serawai-Ambalau. Penduduk di kedua kecamatan itu dominan hanya bisa menggunakan jalur sungai sebagai akses transportasi utama.

Kepala Dinas Perhubungan Sintang, Hatta, mengatakan, revitalisasi angkutan sungai dan pembenahan untuk dibuat dibuat skala besar perlu dilakukan.

“Dermaga tambatan perahunya akan dibangun besar,” katanya, kemarin.

Ia mengatakan, bila dermaga sudah besar masyarakat diharapkan mendapat kemudahan saat memakai transportasi air. Saat hendak turun maupun naik ke kendaraan air yang ditumpangi.

Ia merinci empat titik lokasi sudah ditentukan untuk program tersebut. Tujuan program ini, kata Hatta, sepenuhnya buat menyokong angkutan sungai. 

Lokasi revitalisasi angkutan sungai yang dipilih berdasar kepadatan arus transportasi air masyarakatnya. Letaknya juga berada di tepian sungai. Sehingga keberadaannya mampu menyokong kelancaran arus manusia dan barang.

Hatta merinci kalau lokasi penempatan program menyebar di sejumlah kecamatan. Untuk di kecamatan Sintang, titiknya berada di Sungai Ana. Kemudian di Merakai untuk Kecamatan Ketungau Tengah.

“Selebihnya dibangun di dua kecamatan perhuluan Sintang. Yakni Serawai dan Ambalau,” jelasnya.

Hatta mengatakan dua titik revitalisasi angkutan sungai, yakni di Sungai Ana dan Serawai dibangun untuk berkesinambungan terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Di mana di Sungai Ana berdiri rumah sakit rujukan. Sementara di Serawai akan dibangun rumah sakit pratama.

“Masyarakat bila ingin berobat atau dirujuk ke rumah sakit, akan menjadi mudah khususnya yang menggunakan transportasi sungai. Jadi program pemerintah antar instansi saling terkait,” katanya. (tra/jee)