Tak Mampu Berobat, Dut hanya Terbaring Bagai Tengkorak Hidup

Sintang

Editor Indra W Dibaca : 14221

Tak Mampu Berobat, Dut hanya Terbaring Bagai Tengkorak Hidup
Screenshot postingan akun Facebook.
SINTANG, SP - Sebuah foto yang diunggah pemilik akun Facebook, Veronika Deka, membuat heboh nitizen, Jumat (10/8). 

Bagaimana tidak, foto itu memperlihatkan seorang wanita terbaring tak berdaya dengan kondisi tubuh sangat kurus bagai tengkorak hidup.

Dari keterangan gambar yang posting, wanita yang ada dalam foto itu dikenal dengan nama Dut. Usianya berkisar 31 tahun.
    
Veronika Deka sendiri merupakan kerabat jauh dari Dut. Ia mengaku baru mengetahui kondisi Dut beberapa hari lalu.

“Ada yang cerita kalau Dut ini sakit parah. Saya sudah lama tidak bertemu dan mereka juga tempat tinggalnya sudah pindah. Makanya kemarin saya nekad minta antar teman untuk cari rumah mereka, walaupun harus tanya sama orang yang kami temui di jalan,” ujar Veronika kepada Suara Pemred, Jumat (10/8).

Dituturkan Veronika, Dut tinggal di sebuah rumah di tengah kebun kelapa sawit milik PT SAM di Desa Balai Harapan. Ia tinggal bersama orang tua, adik-adiknya dan dua anaknya. 

"Setidaknya di rumah tersebut ada sekitar 10 jiwa. Termasuk anak-anak dari adik Dut sendiri. Orang tua dan adik-adik Dut bekerja sebagai buruh kebun, baik kebun karet maupun kebun sawit," jelasnya.

Menurut Veronika, Dut mengidap penyakit diabetes. Tiga tahun yang lalu kondisi Dut sudah mulai membaik. Setidaknya sudah bisa berjalan dan main ke rumahnya yang memang berbeda desa. Namun ia sangat terkejut melihat kondisi Dut saat ini. 

“Luka di kakinya sudah parah, menurut ibunya tadi malam ada sekitar 14 ekor ulat yang diambil dari kaki Dut. Ulat itu sudah masuk menyerang tulang sumsumnya. Bahkan sudah mengeluarkan bau amis yang luar biasa,” ujarnya.

Veronika sendiri mengaku sangat terlambat mengetahui kondisi Dut. Ketika melihat kondisi Dut, ia mengaku meminta ijin kepada orang tua Dut untuk memposting kondisi Dut di facebook. 

“Saya khawatir juga, takutnya orang tua berpikir negatif. Makanya saya minta ijin. Saya berharap ada bantuan yang datang untuk menyelamatkan Dut,” katanya. (end)