Askiman Anjangsana ke Seminari Teluk Menyurai

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 66

Askiman Anjangsana ke Seminari Teluk Menyurai
ANJANGSANA – Wakil Bupati Sintang, Askiman saat anjangsana ke Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianey Teluk Menyurai, Selasa (14/8). Kunjungan Askiman merupakan salah satu rangaian memeriahkan HUT RI ke-73. (Ist)
SINTANG, SP – Wakil Bupati Sintang, Askiman melakukan anjangsana dan silaturahmi ke Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianey Teluk Menyurai, Selasa (14/8).

Kunjungan Askiman beserta rombongan ini dilakukan dalam rangkaian merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73.

Pastor Yohanes Fery, CM Rektor Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianey Teluk Menyurai menjelaskan bahwa Seminari merupakan tempat yang secara khusus mendidik tenaga rohani seperti pastor dan bruder supaya menghasilkan pekerja yang baik dan berkarakter.

“Seminari ini dibangun sejak 1993, artinya saat ini sudah berusia 25 tahun. Lulusan seminari di sini sudah ada 17 orang pastor,” kata Yohanes Fery.

Menurut Yohanes, pelajar yang ada di Seminari setara SMA karena mereka sekolah di SMA Panca Setya dari pagi sampai siang dan sore sampai malam mereka dibina secara rohani dan pembentukan karakter. 

“Yang pernah belajar di sini tentu tidak semua menjadi seorang pastor atau bruder. Namun pembinaan karakter selama di sini baik untuk bekal hidup meskipun tidak jadi pastor. Karena menjadi pastor merupakan panggilan khusus,” terang Pastor Yohanes Fery.

Yohanes menuturkan, penamaan Seminari Menengah untuk meneladani tokoh gereja, yakni Santo Yohanes Maria Vianey yang semasa hidupnya bukan orang cerdas, tetapi memiliki semangat melayani dengan hati.

“Bagi kami untuk menjadi pastor tidak harus pintar dan cerdas tetapi mampu melayani dengan hati. Kami berterima kasih kasih dan bersyukur atas kunjungan rombongan ke tempat kami ini,” tambah Yohanes Fery.

Sementara Bupati Sintang Askiman menyampaikan kunjungan yang dilakukan merupakan kegiatan resmi kenegaraan, dan Tuhan mengarahkan rombongan untuk mengunjungi Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianey Teluk Menyurai.

“Saya kagum mendengar sosok Santo Yohanes Maria Vianey karena memang kita membutuhkan orang yang mau, ikhlas, tulus untuk melayani Tuhan. Semoga anak-anak di sini diberkati dan mampu memberikan berkat bagi orang lain,” harap Askiman.

Askiman meyakini Pemkab Sintang akan memberikan dukungan terhadap pendidikan di Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianey Teluk Menyurai karena pedidikan karakter merupakan hal penting yang harus dimiliki.

“Jika ada pelayanan yang diperlukan oleh Seminari dari pemkab Sintang, silakan berkoodinasi dengan kami,” terang Askiman.

Turut hadir dalam rombongan hari itu, Asisten Administrasi Umum, Marchues Afen, Sudirman Kepala Dinas Perindustian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Simon Patanduk, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Petrus Atong, Rektor Universitas Kapuas Sintang (Unka), Hendrika, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), perwakilan Bank Kalbar, Perwakilan Pertamina dan rombongan lainnya. (end/jee)