LP Sintang Over Kapasitas, Napi Tidur di Kolong

Sintang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 384

LP Sintang  Over Kapasitas, Napi Tidur di Kolong
Sintang, SP – Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Sintang kelebihan kapasitas. Jumlah narapidana di LP ini 4 kali lebih banyak dari seharusnya.  

Menurut Kepala LP Sintang, Toro Wiyarto, saat ini jumlah narapidana mencapai 514 orang. Padahal penjara itu idealnya hanya ditempati oleh 150 narapidana. “Sangat memprihatinkan. Itu sudah tidak ideal bagi kesehatan napi. Boleh diibaratkan nafas saja berebutan,” kata Toro, Rabu (19/9).  

Toro yang baru beberapa hari menjabat mengatakan, narapidana tinggal dalam 11 kamar tahanan. Kamar yang paling besar diisi 60 orang. “Sekarang ada yang tidur di kolong. Ini sudah tidak muat lagi.”  

Menurut Toro, penjara yang penuh menimbulkan rawan keamanan. Dapat muncul konflik antar narapidana yang disebabkan persoalan sepele. “Kami menggunakan pendekatan persuasif. Bagaimana mereka bisa hidup bermasyarakat dengan teman-teman. Dengan begitu gesekan-gesekan dapat diatasi.”  

Toro berharap rencana pemerintah membangun sel tambahan, dapat segera terealisasi. Pemerintah Kabupaten Sintang berencana membangun sel tambahan di antara blok A dan B. (pul)