Kades Se-Sintang Dilatih Susun Laporan Dana Desa

Sintang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 207

Kades Se-Sintang Dilatih Susun Laporan Dana Desa
Sintang, SP - Wakil Bupati Sintang Askiman membuka rapat bimbingan teknis Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Sintang 2018  

Wakil Bupati Sintang Askiman dihadapan 314 peserta bimbingan teknis menjelaskan bahwa pembangunan desa merupakan pondasi pembangunan Kabupaten Sintang.  

Mencapai kesejahteraan dan daya saing daerah harus dimulai dari desa, karena desa menjadi tahap awal proses pembangunan daerah.  

“Ini komitmen membangun dari pinggiran yang memposisikan desa sebagai pondasi pembangunan daerah. Desa juga didorong untuk membangun infrastrukur dasar, melakukan penguatan hilirisasi produk dan mendapatkan akses listrik yang optimal,” kata Askiman.  

Menurut Askiman, Pemkab Sintang telah mengucurkan dana desa Rp 399 miliar atau 21 persen dari total APBD Kabupaten Sintang 2018. Dia berharap pemerintahan desa menciptakan kesejahteraan masyarakat.  

“Bimbingan teknis hari ini agar kita mampu menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Saya berharap bimtek ini mampu meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam menyusun laporan yang baik dan benar.  

Askiman mengaku  masih menemukan laporan desa yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Masih ada perangkat desa yang menyusun laporan menggunakan tenaga orang lain.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni menyampaikan bahwa dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri 46/2016 diatur tentang tata cara Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.  

“Ini wajib dilakukan, dengan maksud agar peserta bimtek memahamai tupoksi mereka dan paham mengelola administrasi pemerintahan desa yang  efektif dan efisiensi.   

Bimbingan teknis diikuti 314 orang peserta yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan, dan ketua serta sekretaris BPD. (hms)