Minggu, 20 Oktober 2019


Dewan Sintang Dukung Pembangunan PLBN

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
Dewan Sintang Dukung Pembangunan PLBN

PLBN - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sungai Kelik Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang dipastikan akan segera dibangun dengan tipe B. IST

SINTANG, SP - Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus menyatakan dukungan atas rencana pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia - Malaysia di Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu wilayah Sintang Kalimantan Barat.

"PLBN di Sungai Kelik memang harus tipe B, sebab PLBN itu harus menjadi arus lalu lintas orang dan jasa," kata Melkianus, ditemui Antara di Sintang, Kalimantan Barat, belum lama ini.

Disampaikan Melkianus, dengan adanya PLBN tipe B, maka akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di perbatasan.

Selian itu, jalan dari Sintang menuju perbatasan itu juga akan berstatus jalan negara yang tentunya menjadi prioritas pemerintah pusat.

"Jika jalan dari Sintang ke PLBN Sungai Kelik dibangun, maka arus lalu lintas orang, barang dan jasa dari perbatasan ke Sintang juga akan lancar," ucap Melkianus.

Menurut Melkianus, masyarakat perbatasan di Kabupaten Sintang memang sudah sangat lama menantikan pembangunan PLBN tipe B.

" Masyarakat sudah tentu mendukung karena PLBN tipe sudah didambakan sejak dulu," kata dia.

Sebelumnya, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia akhirnya memutuskan PLBN Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu akan dibangun dengan tipe B. Kepastian pembangunan PLBN Sungai Kelik tipe B tersebut tertuang surat Nomor: 86.00/2017/IX/2019 tanggal 25 September 2019 dari BNPP RI yang ditujukan kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR bertempat di Jakarta 25 September 2019.

Dalam surat tersebut, Pelaksana Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan Dr. Suhajar Diantoro, M. Si memberikan arahan agar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia agar melakukan penyesuaian masterplan PLBN Sungai Kelik dari tipe C ke tipe B.

Sebelumnya sudah dilaksanakan rapat di Pontianak pada 14 Juni 2019 yang membahas rencana operasional pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2019 di Provinsi Kalbar. Dalam rapat tersebut, Pemerintah Kabupaten Sintang sudah menyampaikan usulan agar PLBN Sungai Kelik dibangun dengan tipe B dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Sintang merupakan basis pertahanan di wilayah timur Kalbar dan memiliki potensi yang cukup besar khusus pada komoditas ekspor hasil perkebunan dan pertambangan.

 Adapun masterplan pembangunan PLBN Sungai Kelik akan dibangun dengan penguatan terhadap karakter lokal yang memang sangat penting untuk ditampilkan pada PLBN sebagai gerbang Negara. PLBN Sungai Kelik akan mengadopsi model rumah betang sebagai identitas arsitektur tradisional khas Kalbar yakni berbentuk Rumah Betang dengan jarak 881 meter dari garis batas negara, 310 meter dari Pos Pamtas TNI, 5,2 KM dari Kantor Desa Sungai Kelik dan 14,7 KM dari jaringan PLN terakhir. (ant/ien)