Marsekal TNI Agus: Iwan Zoda Petinju Sangat Potensial

Sport

Editor sutan Dibaca : 724

Marsekal TNI Agus:  Iwan Zoda Petinju Sangat Potensial
Iwan Zoda berfoto bersama Danlanud Supadio Pontianak, Marsma TNI Minggit Triwibowo dan Ketua KTI Kalbar, Adrianus Sidot di Kubu Raya, Senin (21/11). (SP/Dok)
JAKARTA, SP- Petinju kebanggaan Kalbar, Iwan Zoda berhasil memenangkan pertandingan melawan petinju Thailand, Solieng Souvannaphakdy pada perebutan Sabuk Emas Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) di kelas Flyweight.  The Sniper julukan Iwan Zoda, memukul KO Solieng pada menit 1.15 ronde keempat.

Kasau, Marsekal TNI Agus Supriatna  yang hadir langsung,  sangat menikmati pertarungan sang juara dunia youth IBF tersebut. “Iwan petinju yang sangat potensial. Ia selalu menang lewat KO di ronde-ronde awal. Gaya bermainnya benar-benar bagus, saya yakin ia bisa menjadi petinju kelas dunia,” papar Kasau di Graha Puri Ardya Garini, Jakarta.

Menurut Kasau, jajarannya terus menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional, sehingga para petinju terbaik di Indonesia, bisa terus berkarya. Dengan banyaknya kejuaraan internasional, maka nantinya akan lahir juara dunia dari Indonesia.

“Saya berkomitmen untuk terus menyelenggarakan berbagai kejuaraan. Mendatangkan petinju-petinju terbaik di dunia, yang bisa mematangkan kemampuan para petinju tanah air,” kata Marsekal Agus.

Iwan Zoda, bertarung sangat baik, sesuai dengan rencana yang telah diterapkan oleh sang pelatih Damianus Jordan. Sejak ronde pertama, Iwan terus memberikan pukulan-pukulan telak pada Solieng. Dan di luar perkiraan, Iwan akhirnya bisa memukul KO Solieng satu ronde lebih cepat.

“Luar biasa, Iwan bisa menyudahi perlawanan Solieng hanya dalam empat ronde. Ia terlihat lebih matang dan memiliki pukulan yang menyulitkan lawannya," ujar Damianus.

Ketua umum KTI Kalbar, Adrianus Asia Sidot juga sangat bangga dan senang, atas keberhasulan Iwan memukul KO lawannya. Performa terbaik petinju asal Sukadana ini, memang membuatnya layak menjadi juara dunia.

"Iwan menang KO lagi, ia bertarung dengan bagus?. Banyak Jenderal TNI menonton sangat bangga dan kagum pada gaya bertarungnya. Ia menjadi buah bibir di kalangan Jenderal TNI," tutur Adrianus.

Menurut Sidot, kemenangan Iwan menjadi target KTI Kalbar, agar peluangnya bertarung untuk juara dunia semakin terbuka lebar. Selain itu, Kalbar memiliki petinju yang memiliki potensi besar, di antaranya Eiger Lamandau, Natalius Herman, Muhammad Wahid dan beberapa petinju muda lainnya. 

"Mereka akan kita beri kesempatan untuk membuktikan kemampuannya, terutama pada pertarungan besar dan bergengsi, misalnya melawan petinju Malaysia," pungkasnya. (mul)