Langganan SP 2

Iwan 'The Sniper' Zoda Incar Juara Dunia WBO

Sport

Editor sutan Dibaca : 514

Iwan 'The Sniper' Zoda Incar Juara Dunia WBO
JUARA DUNIA - Juara Dunia IBF Youth, Iwan Zoda (19), bersama rombongan ketika menyambangi kantor Harian Suara Pemred, Senin (4/4) lalu. (SP/Dok)
PONTIANAK, SP- Petinju terbaik Kalbar, Iwan 'The Sniper'  Zoda siap menjadi juara dunia sejati. Iwan mengincar sang juara World Boxing Organization (WBO) kelas Flyweight, Zhou Shimming. 

Zhou, Petinju Tiongkok, kelahiran 18 Mei 1981 merupakan peraih medali emas Olimpiade London 2012 di kelas Light Flyweight dan juga merupakan petinju binaan Top Rank.  Sedangkan Iwan merupakan juara dunia IBF Youth kelas Flyweight.  

"Setelah mengalahkan beberapa petinju Thailand, saya sangat tertarik untuk melawan petinju Tiongkok. Zhou adalah petinju terbaik di kelasnya, dan saya sudah lama mengincarnya,” kata Iwan, saat dihubungi Suara Pemred via telepon.      

Menurut Iwan, ia dan manajemen sempat membicarakan pertarungan melawan Zhou, tetapi saat itu gagal, karena sang calon lawan lebih memilih melawan petinju asal Brazil.  Diakuinya, keinginan bertarung melawan Zhou, karena ia siap bertarung melawan sang juara dunia, untuk merebut gelar WBO kelas Flyweight.

"Saya ingin membuktikan kemampuan, yaitu bisa melawan juara dunia. Dan saya siap bertarung di mana saja. Saya berharap, pertarungan ini segera terwujud,” papar petinju kelahiran Sukadana 19 tahun lalu tersebut.

Persiapan Iwan menuju pertarungan Juara Dunia Sejati, terus dilakukan. Melalui sang pelatih, Damianus Yordan, latihan intensif untuk mematangkan kemampuan Iwan, akan difokuskan pada fisik, mental, dan taktik.  “Sebagai petinju profesional, Iwan harus terus menjaga kondisi tubuhnya. Latihan tetap rutin dan terarah. Selain berlatih keras, Iwan juga harus disiplin menjaga pola hidup sehat. Sementara ini, semua itu sudah dilakukannya,” kata Damianus.  

Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo mengapresiasi kemampuan Iwan lebih dari pertarungan perebutan sebuah trofi, namun sudah pada perebutan juara dunia.  “Iwan sangat layak bertarung di tingkat perebutan juara dunia sejati. Kita pastinya akan mendukung Iwan pada pertarungan ini. Melalui DBC Lanud Supadio dan Pengprov Komisi Tinju Indonesia (KTI) Kalbar, kita akan segera membicarakannya,” ujar Marsma Minggit. 

Dukungan serupa disampaikan oleh Ketua Pengprov KTI Kalbar, Adrianus Asia Sidot. Menurut mantan bupati Landak ini, Iwan pasti akan menjadi Juara Dunia Sejati. Dengan berbagai kemampuan dan keberhasilannya menang KO pada ronde-ronde awal, Iwan bisa menjadi juara dunia.

“Kami sudah merancang agar Iwan bisa menghadapi beberapa juara dunia di kelasnya. Saat ini, ia masih menyandang gelar juara dunia junior, sehingga harus segera naik kelas. Kami optimis, ia bisa merealisasikan mimpi masyarakat Kalbar menjadi juara dunia,” pungkasnya. (mul)