TdK 2016, Hanya Etape Pontianak-Ngabang

Sport

Editor sutan Dibaca : 741

TdK 2016, Hanya Etape Pontianak-Ngabang
Ilustrasi
PONTIANAK, SP- Kejuaraan balap sepeda bertajuk Tour de Khatulistiwa (TdK) 2016 kembali digelar oleh Dispora dan Pengprov ISSI Kalbar, pada Minggu (4/12). Setelah vakum pada 2015, kejuaraan yang diikuti oleh para pembalap terbaik dari beberapa negara ini, hanya menempuh satu etape. 

"Penyelenggaraan tahun ini, hanya satu etape, yaitu dari Kota Pontianak ke Ngabang, Kabupaten Landak dan menempuh jarak sekitar 175 Km," kata Kadispora Kalbar, Syawal Bondoreso, kepada Suara Pemred. 

Tdk kali ini akan diikuti oleh satu tim, yang terdiri dari tiga pembalap under (U) 23, dan dua pembalap senior. TdK akan start dari depan Kantor Wali Kota Pontianak. Kejuaraan ini akan melalui beberapa Intermediate Sprint. Diperkirakan memasuki finis di Kota Ngabang, Kabupaten Landak, pukul 13.00 WIB. 

Intermediate Sprint pertama  di Sungai Pinyuh dan akan mengambil peringkat satu-tiga terdepan. Adapun Intermediate Sprint kedua dengan lokasi di Mandor, juga mengambil juara satu-tiga terdepan. Sedangkan Intermediate Sprint ketiga adalah King of Mountain,  berlokasi di Gunung Seha, juga mengambil satu-tiga terdepan

"Saat memasuki finis, kita mengambil enam tim terbaik, dan 10 pembalap perorangan," papar Syawal.

Ketum ISSI Kalbar, Karolin mengapresiasi panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan kejuaraan ini. Ia berharap, TdK kali ini bisa menjadi ajang pencarian bibit pembalap terbaik,  yang nantinya bisa mewakili Kalbar di pentas nasional.

“Para pembalap muda terbaik, akan kita seleksi dan nantinya menjalani pelatihan terpusat di Jawa. Kita harus akui, sarana dan prasarana kita di Kalbar masih kurang, sehingga untuk meningkatkan prestasi, harus belajar ke luar daerah,” papar Karolin. (mul)