Langganan SP 2

Tim Dragon Boat PODSI Kalbar Tampil di Keddah

Sport

Editor Kiwi Dibaca : 312

Tim Dragon Boat PODSI Kalbar Tampil di Keddah
ilustrasi
TIM Dragon Boat Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar, akan bertanding di kejuaraan internasional. Tim asuhan Abdi Nurkamil Mawardi ini, akan bertanding di International Keddah Dragon Boat 2017.  

 Kejuaraan lima tahunan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Sultan Keddah ini, akan diselenggarakan di Tanjung Chali, Alot Star Keddah, Jumat-Sabtu, 5-6 April 2017.  

Menampilkan tim terbaik pada nomor 18 pendayung putra, Tim PODSI Kalbar bertekad meraih hasil terbaik. Walau persiapan yang minim, dengan pengalaman dan tekad yang kuat Tim PODSI Kalbar optimis bisa meraih hasil yang maksimal.  

“Kita turunkan tim muda, yang berasal dari gabungan pendayung Kabupaten Kapuas Hulu dan Kota Pontianak. Kita yakin dengan semangat para pendayung, karena mereka masih muda-muda,” kata Ketua Harian PODSI Kalbar, Abdi Nurkamil, saat ditemui Suara Pemred, Senin (1/5).  

Partisipasi Tim Dragon Boat PODSI Kalbar pada kejuaraan ini, berawal penunjukkan dari Persatuan Besar (PB) PODSI. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi dan kemampuan PODSI Kalbar yang sangat diperhitungkan di level nasional.  

Pada kejuaraan ini, Tim Dragon Boat PODSI Kalbar akan bertanding melawan tim-tim besar dari beberapa negara di Asia Tenggara dan Asian Timur, dan satu dari Eropa. Oleh karena itu, kejuaraan ini jadi kesempatan para pendayung muda PODSI Kalbar untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.  

“Ada tim dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, Miyanmar, Hongkong, Jepang, dan Kanada. Level kejuaraan ini sangat tinggi, karena peserta yang hadir adalah tim terbaik,” paparnya.  

Menurut Abdi, karena ini amahah dari PB PODSI dan membawa nama Indonesia, maka Tim Dragon Boat PODSI Kalbar bertekad meraih hasil terbaik. Pada perhelatan yang sama, tahun 2012, Tim PODSI Kalbar berhasil meraih juara pertama. Pengalaman tersebut, setidaknya jadi modal besar.  

“Kita akan perjuangkan semaksimal mungkin, karena kita pernah juara paa ajang yang sama. Secara umum, lomba yang mengambil jarak menengah atau 800 meter, adalah andalan kita. PODSI Kalbar berharap doa dan dukungan masyarakat Kalbar, agar meraih hasil yang memuaskan,” tuturnya.  

 Abdi juga mengatakan bahwa pada 2017, PODSI Kalbar punya banyak kegiatan. Selain menyelenggarakan beberapa event, PODSI Kalbar juga terus membina Pengcab PODSI Kalbar di kabupaten/kota. Dengan demikian, diharapkan para pendayung muda di daerah bisa berkembang.  

 “Pembinaan melalui kejuaraan-kejuaraan di daerah terus kita genjot. Kita menggandeng berbagai pihak dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut. Kita berharap, Cabor Dayung tetap jadi andalan Kalbar di berbagai pentas nasional dan internasional,” pungkasnya. (mul)