Langganan SP 2

Edi Ajak Warga Kota Bersepeda

Sport

Editor Kiwi Dibaca : 280

Edi Ajak Warga Kota Bersepeda
LEPAS ROMBONGAN - Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, yang juga pembina Komunitas Lereng Lipat Pontianak (KLLePon), melepas rombongan Bike Camping 2017 di depan Kantor Walikota Pontianak, Sabtu (29/4) pagi.
AKTIVITAS bersepeda semakin digemari berbagai kalangan di Kota Pontianak. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya komunitas sepeda, yang terus meramaikan kegiatan-kegiatan bersepeda di Kota Khatulistiwa.  

Satu di antara komunitas sepeda, yang gencar disosialisasikan adalah Komunitas Lereng Lipat Pontianak (KLLePon). Komunitas ini beranggotakan para penggemar sepea lipat yang ada di Kota Pontianak. Komunitas ini bertekad mengkampanyekan bersepeda pada semua kegiatan masyarakat.  

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, merupakan inisiasi sekaligus pembina KLLePon mengatakan, ide membentuk komunitas sepeda ini berawal dari hobi-nya berolahraga sepeda. Selain itu, ia melihat sepeda lipat semakin banyak di Pontianak, dan simpel untuk digunakan.  

“Bersepeda itu sehat, termasuk olahraga yang murah dan kini semakin diminati banyak kalangan, anak-anak, remaja dan pelajar, bahkan kalangan profesional,” katanya.  

Sepeda lipat, papar Edi juga mudah dipakai. Bagi kalangan profesional yang memiliki kesibukan, tidak terlalu repot saat menggunakan sepeda lipat. Selain itu, dengan adanya komunitas, maka bisa menambah pertemanan, meningkatkan silahturahim, dan tentu saja menambah koneksi.  

“Selain menyehatkan, bersepeda secara bersama-sama meningkatkan keakraban di antara warga kota. Sepeda lipat itu simpel, mudah dibawa kemana-mana, bahkan saat kita tiba-tiba harus rapat, sepeda bisa dilipat dan dibawa menggunakan mobil,” paparnya.   Edi optimis KLLePon bisa berkembang, karena peminat sepeda lipat semakin bertambah. Ia juga mengajak masyarakat Kota Pontianak, untuk bersama-sama mengenalkan KLLePon, terutama memasyarakatkan olahraga sepeda.  

Pemkot sendiri, kata Edi terus memberikan ruang yang besar kepada para pengguna sepeda. Selain menyediakan jalur khusus, ada juga arena bersepeda, misalnya arena BMX, bagi kalangan muda dan pelajar.  

“Kegiatan kita bersepeda bersama setiap Jumat malam di Minggu terkahir setiap bulannya. Mari kita semarakkan olahraga bersepeda, selain sehat, bisa juga untuk prestasi, terutama bagi generasi muda,” pungkas Edi.  

Menurut Rudi Agus Haryanto, koordinator KLLePon, ide pembentukan komnitas ini adalah banyaknya pengguna sepeda lipat. Awalnya berasal dari usulan Wakil Wali Kota Pontianak, Pak Edi Rusdi Kamtono.  

“Beliau melihat bahwa sepeda lipat sangat simpel, dan mudah digunakan Komunitas sangat bermanfaat untuk mengkampanyekan berbagai kegiatan bersepeda,” ujar Rudi.  

Pria yang juga menjabat sebagai koordinator Bike to Work Kalbar, KLLePon secara resmi di-launching pada Jumat (28/4). Saat ini, anggota KLLePon yang sudah terdaftar sekitar 150 orang. Agus berharap, para pengguna sepeda lipat di Kota Pontianak bisa bergabung ke KLLePon.
 

“Siapa saja yang punya sepeda lipat boleh bergabung. Nantinya kita akan rutin bersepeda bersama setiap malam Jumat di Minggu terakhir setiap bulannya. Kita akan terus kampanyekan gerakan bersepeda di masyarakat,” kata Agus. (mul)