Langganan SP 2

Disporapar Siapkan 45 Pelajar

Sport

Editor Syafria Arrahman ST Raja Alam Dibaca : 429

Disporapar Siapkan 45 Pelajar
JUARA POPDA – Para juara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kota Pontianak, bersama Kabid Olahraga, Dwi Endah Meinarti (baju putih), usai penyerahan hadiah.
DINAS Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak telah menyelesaikan pagelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2017. Dari pagelaran ini dihasilkan para atlet pelajar terbaik di enam Cabor.

Para atlet pelajar terbaik tersebut, nantinya akan disiapkan untuk mewakili Kota Pontianak pada ajang yang lebih tinggi, yaitu POPDA Tingkat Provinsi Kalbar, yang akan diselenggarakan pada Juli 2017. Adapun enam Cabor yang dipertandingkan adalah Atletik, Renang, Tinju, Voli Pasir, Karate, dan Taekwondo.

“Alhamdulillah, POPDA Kota berjalan dengan lancar dan melahirkan atlet-atlet terbaik. Kita berharap, mereka terus menjaga kondisi dengan cara meningkat kemampuannya, melalui latihan intensif,” ujar Kabid Olahraga Disporapar Kota Pontianak, Dwi Endah Meinarti, saat dihubungi Suara Pemred, Rabu (3/5).

Menurut Endah, melihat hasil POPDA yang telah diselenggarakan, pihaknya mengaku puas, karena pelaksanaan dan hasil yang didapat, sesuai dengan rencana serta harapan.Melihat hasil tersebut Endah optimis Kota Pontianak bisa mempertahankan gelar juara umum, yang dicatatkan pada POPDA Tingkat Provinsi pada dua tahun lalu.

“Untuk menuju POPDA provinsi, kita akan siap para juara ini dengan training center (TC). Kita akan bekerjasama dengan Pengcab masing-masing, agar para atlet pelajar dapat berlatih intensif,” katanya.

Dengan target meraih hasil terbaik di POPDA provinsi, Endah berharap banyak atlet Kota Pontianak yang bisa tampil di POPWIL, yang direncanakan berlangsung di Semarang, September 2017.

“Kami berharap, hasil POPDA Kota Pontianak, bisa jadi batu loncatan untuk para atlet pelajar menggapai prestasi yang lebih tinggi. Kita juga bangga dengan perhelatan POPDA kali ini, karena pesertanya sangat banyak, bahkan meningkat 100 persen dari pelaksanaan sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa POPDA sangat menarik,” papar Endah.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pontianak, H Fahruddin D Siregar, berharap POPDA bisa melahirkan para atlet pelajar terbaik. Atlet pelajar ini nantinya akan dijadikan andalan Kota Pontianak dalam berbagai event di tingkat provinsi dan nasional.

Dengan demikian, kata H Fahruddin, peran Pengcab Cabor, jadi sangat penting, karena muara pembinaan atlet adalah di tangan Pengcab. Atlet akan terbina dengan baik, bila Pengcab pro aktif dalam pembinaan atlet.

“Saya minta para Pengcab Cabor bisa aktif menangkap para atlet pelajar yang bisa berprestasi. Mereka harus dibina, setelah menorehkan prestasi di POPDA,” kata H Fachruddin.

Menurut H Fachruddin, POPDA adalah jenjang terbaik pembinaan atlet muda. Pada ajang ini, atlet-atlet pelajar bisa menunjukkan bakat dan potensi terbaiknya. Namun, yang tidak kalah penting adalah pembinaan yang intensif, usai kejuaraan multi event tersebut.

“KONI akan terus memantau perkembangan para atlet pelajar. Bekerjasama dengan berbagai pihak, KONI Kota Pontianak akan terus meningkatkan berbagai kejuaraan,” paparnya.

Event dua tahunan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, dan dihadiri oleh Kabid Olahraga Dispora Kota Pontianak, jajaraan KONI Kota Pontianak, dan para atlet dari SMA di Kota Khatulistiwa. Pembukaan berlangsung di Kolam Renang Ampera, Rabu (26/4). (mul)