Langganan SP 2

Fachruddin Siap Emban Amanah

Sport

Editor Kiwi Dibaca : 201

Fachruddin Siap Emban Amanah
ANGKAT BERKAS – H Fachruddin D Siregar (empat dari kanan) menyerahkan berkas administasi pendaftaran Bakal Calon Ketum KONI Provinsi Kalbar, kepada Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon, Abi Sofyan (empat dari kiri).
TOKOH olahraga Kalbar, H Fachruddin D Siregar, siap menjalankan amanah sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar. Menurutnya, berbagai pengalaman dan kinerja sebagai Ketua KONI Kota Pontianak, adalah modal besar untuk memajukan dunia olahraga di Bumi Khatulistiwa.  

Kesiapan ini disampaikan Fachruddin, saat mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum KONI Kalbar periode 2017-2021, Kamis (20/7). Pemilihan tersebut akan berlangsung pada Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Kalbar, 28-30 Juli 2017, di Hotel Golden Tulip Pontianak.  

“Saya siap memajukan olahraga Kalbar, dan sarana terbaiknya adalah melalui KONI Provinsi,” paparnya.   Fachrudin datang ke Kantor KONI Kalbar, komplek Stadion Syarif Abdurrahman Al-Kadrie (SSA) didampingi oleh tim, yang terdiri dari ketua dan perwakilan Pengprov Cabor, seperti Ketua Pengprov PSSI Kalbar, Bendahara Pengprov Percasi Kalbar, dan beberapa jajaran pengurus KONI Kota Pontianak.  

Ia dan rombongan disambut oleh Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kalbar, Erwin Anwar di ruangan kerja. Fachruddin pun mendapat dukungan mayoritas dari para pelaku olahraga, seperti pengurus KONI kabupaten/kota, Pengprov Cabor, dan badan pengurus olahraga fungsional, semakin menambah percaya diri pria yang hobi bersepeda ini.
  Dukungan tersebut berasal dari 14 pengurus KONI kabupaten/kota se-Kalbar, 16 Pengprov Cabor, dan lima Badan pengurus olahraga fungsional.  

“Saya optimis bisa mengemban amanah membenahi olahraga di Kalbar, karena mendapat dukungan yang masif dari berbagai pihak,” kata Fachruddin.   Menurutnya, saat ini, bidang olahraga di Kalbar masih banyak yang harus dibenahi. Dengan kerjasama semua pihak, ia pun yakin, suatu saat prestasi olahraga bisa meraih yang terbaik.  

“Saya akan merangkul semua kalangan, terutama para senior yang sudah lama berkecimpung di KONI Kalbar. Apabila dilakukan bersama-sama, maka apapun bisa dilakukan,” tuturnya.   Fachruddin mengakui, ia sudah lama berkecimpung mengelola olahraga di Kota Pontianak, dengan menjabat sebagai Ketua KONI. Apabila ia nantinya diamanahi jabatan Ketua Umum KONI Kalbar, maka ia siap meninggalkan jabatan di KONI Kota.  

“Saya sangat gemar berolahraga, saya juga pelaku olahraga, dan saya menapak karier dari bawah, belajar dari para senior di semua lapisan,” kata Fachruddin.   Dengan visi dan misi yang diusung, bersama tim dan dukungan semua pihak, Fachruddin ingin membenahi segala kekurangan yang ada. Ia akan melihat dan mempelajari semua potensi olahraga Kalbar.  

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum KONI Kalbar, Abi Sofyan mengatakan, setiap bakal calon harus memenuhi beberapa syarat saat mendaftarkan diri. Syarat utama adalah harus mendapat dukungan minimal 10 Pengprov Cabor dan 4 pengurus KONI kabupaten/kota serta 3 pengurus badan olahraga fungsional.  

“Secara persyaratan administasi, Bapak H Fachruddin Siregar telah memenuhi syarat, bahkan di atas standar minimal. Oleh karena itu, beliau kami tetapkan sebagai bakal calon,” ujar Abi.   Setelah menerima pendaftaran dari H Fachruddin, panitia penjaringan akan menyerahkan berkas administrasi tersebut ke panitia Musprov KONI Kalbar.  

Abi juga mengatakan, pendaftaran Balon Ketum KONI Kalbar, ditutup pada Kamis (20/7) pukul 00.00 WIB. Hal ini sesuai dengan aturan Panja, yang sudah ditandatangani Ketum KONI. Oleh karena itu, pihaknya tidak akan menerima lagi pendaftaran Balon.  

“seyogyanya banyak Balon mendaftar, maka akan semakin baik. Hanya saja semuanya akan dilihat apakah Balon tersebut memenuhi syarat,” katanya.   Ketua Pengprov PSSI Kalbar, H Adang Gunawan menyatakan dukungan kepada Fachruddin Siregar untuk memimpin KONI Kalbar ke depannya. Menurut Adang, ia adalah sosok yang tepat, dengan berbagai modal yang dimiliki.  

“Pak Fachruddin sangat layak menjabat sebagai Ketum KONI Kalbar. Ia telah terbukti mampu mengangkat olahraga Kota Pontianak,” tuturnya.   Adang juga mengatakan, sebagai pelaku olahraga, Fahcruddin punya totalitas dan kapasbiltas. Ia punya jaringan, dedikasi, dan perhatian kepada para insan olahraga. Hal ini dibuktikan, saat memberikan apresiasi kepada para atlet yang mengharumkan Kota Pontianak di berbagai ajang.  

“Saya percaya, ditangan Pak Fachruddin, olahraga Kalbar bisa berkembang. Mari kita dukung bersama, agar proses ini bisa berjalan sesuai jalurnya,” pungkas Adang. (mul)