Ketum KONI Kalbar Bangga Pembalap Muda

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 330

Ketum KONI Kalbar Bangga Pembalap Muda
BUKA KEJURDA – Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar, membuka Grand Final Kejurda Motoprix Kalbar 2017, di Sirkuit Stadion Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), Minggu (127/12).

IMI Kalbar Minta Pemerintah Bangun Sirkuit Nasional


Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar
“Salah satunya adalah pembenahan Sirkuit SSA. Memang belum berstandar nasional, namun kita akan terus perbaiki dan tingkatkan kapasitasnya. Kita ingin, balap motor jadi salah satu andalan Kalbar di arena PON"

SP - Grand Final Kejuaraan Daerah (Kejurda) Balap Motor (Motorpirx) Kalbar 2017, berlangsung semarak. 150 pembalap terbaik dengan 450 starter meramaikan event balap motor terbesar di Bumi Khatulistiwa ini.

Balapan puncak yang berlangsung di Sirkuit Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), 16-17 Desember 2017, semakin semarak dengan kehadiran para penggiat olahraga otomotif di Kalbar.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachrudin D Siregar. Dalam sambutannya, Ketum KONI mengatakan, akan terus mendukung semua event dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga.

“Target KONI Kalbar di berbagai kejuaraan sudah jelas, yaitu meraih medali emas, termasuk memperbaiki peringkat di Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata H Fachrudin.

Ketum KONI menilai, pembalap-pembalap motoprix Kalbar, punya potensi besar untuk berpresatasi ke berbagai Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Ia pun menyatakan, bahwa berbaga sarana dan prasarana pendukung peningkatan presatasi terus dilakukan.

“Salah satunya adalah pembenahan Sirkuit SSA. Memang belum berstandar nasional, namun kita akan terus perbaiki dan tingkatkan kapasitasnya. Kita ingin, balap motor jadi salah satu andalan Kalbar di arena PON,” paparnya.

Ketua Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar, Yuliansyah berterima kasih atas dukungan terbaik dari Ketum KONI. Bang Yuli menyatakan, terselenggaranya Grand Final Kejurda Motoprix di Sirkuit SSA merupakan hasil kerja sama semua pihak.

“Saya mengapresiasi perhatian dari Ketum KONI Kalbar. Ini sangat luar biasa, kita bisa menyelenggarakan pagelaran puncak Kejurda di Kota Pontianak,” kata Bang Yuli.

Kejurda Balap Motor Kalbar 2017, lanjut Bang Yuli, berlangsung empat seri, yaitu seri pertama di Sirkuit Taman Pasir Panjang, Singkawang, kedua di Sirkuit Baning, Sintang, dan ketiga kembali ke Sirkuit Taman Pasir Panjang, Singkawang.

Melihat antusiasme penggemar Cabor Otomotif, papar Bang Yuli, ia pun sangat percaya diri ke depanya bisa meloloskan pembalap ke PON XX 2017 di Papua. Untuk itu, ia bertekad terus meningkatkan kualitas pembinaan kepada para pembalap.

“Peningkatan kualitas kejuaraan jadi salah satu target kita ke depannya. Demikian pula dengan kuantitasnya. Karena semakin banyak kejuaraan, maka akan meningkatkan mental dan motivasi pembalap,” tuturnya.

Bang Yuli juga berharap, pemerintah bisa memberikan dan menyediakan sarana dan prasarana terbaik, salah satunya adalah sirkuit yang berstandar nasional. Saat ini, lanjutnya hanya Sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang, yang berkategori nasional.

“Kita masih diberi kesempatan menggelar dua seri di Kejurnas Motoprix Ragion 4 Kalimantan. Dengan adanya perbaikan sirkuit, kita berencana mengajukan menjadi tuan rumah final Kejurnas Motoprix 2018,” papar Bang Yuli.   

Mengenai pelaksanaan Kejurda 2017, Bang Yuli juga mengapresiasi kerja keras dari panitia. Ia menilai, empat seri yang dilaksanakan, semuanya berlangsung lancar dan bisa melahirkan para pembalap terbaik.

“Semoga pada 2018, kita bisa menambah seri, misalnya di Sintang. Apalagi Sintang akan jadi tuan rumah Porprov,” pungkasnya. (mul/Pul)