PODSI Incar Emas PON XX Lewat Kejurda

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 188

PODSI Incar Emas PON XX Lewat Kejurda
SERAHKAN TROFI - Ketum Komite KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar, menyerahkan trofi kepada juara Kejurda Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar 2017, Minggu (17/12).
SP - PENGPROV Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar, menargetkan medali emas pada pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. Target ini dicanangkan oleh Pengprov PODSI, sebagai salah program pembinaan utama.    

“Target tersebut harus bisa diwujudkan. Hal ini melihat kemampuan terbaik para atlet dayung. Mereka sangat termotivasi dan terus bekerja keras,” ujar Ketum Pengprov PODSI Kalbar, Adrianus Asia Sidot.

Pernyataan Adrianus tersebut disampaikan saat membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Dayung 2017, di Gudang Perahu PODSI Kalbar, di tepian Sungai Landak, Jalan Ya’ M Sabran, Gang Koperasi, Tanjung Hulu, Pontianak Timur.

“Saya optimis bisa mewujudkan medali emas. Saya melihat kemampuan para atlet semakin berkembang. Oleh karenanya, mari kita dukung misi membawa pulang medali emas,” katanya.

Ketua Harian PODSI Kalbar, Abdi Nurkamil Mawardi menjelaskan, Kejurda PODSI Kalbar 2017, diikuti oleh atlet-atlet Dayung dari 14 Pengcab PODSI dari kabupaten/kota, dan berlangsung pada 16-17 Desember. 

“Kejurda 2017 ini yang terbesar. Kita menyelenggarakan semua nomor yang dilombakan pada PON,” papar Abdi. 

Adapun beberapa nomor dan kelas yang dilombakan adalah Rowing Doubel Berat, Rowing Single Ringan, Rowing Doubel Ringan, Rowing Single Berat, Kayak Single Putra, Kayak Doubel Putri, Cano Single Putra, Kayak Single Putri, Kayak Doubel Putra.

“Ada juga Dragon Boat 12 Putra, Dragon Boat 12 Putri, dan Dragon Boat 22 Putra. PODSI Kalbar punya beberapa nomor andalan, terutama di kelas Dragon,” katanya.

Abdi berharap, hasil Kejurda ini bisa jadi acuan untuk Porprov XII 2018 di Sintang. Ia mengakui, dengan tampilnya semua Atlet Dayung dari 14 Pengcab di Kalbar, maka terlihat potensi atlet-atlet terbaik.

“Hasil Kejurda jadi acuan pada Porprov mendatang. Dari Porprov kita akan bentuk tim menuju Pra-PON dan PON. Semoga kita bisa mewujudkan target medali emas,” tutur Abdi.

Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachrudin D Siregar menilai, Cabor Dayung bisa jadi andalan pada berbagai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) termasuk di PON. 

“Dayung terus berbenah, semoga dengan adanya Kejurda ini, bisa jadi awalan terbaik dalam langkah meraih medali emas yang diidam-idamkan,” kata H Fachrudin.

KONI Kalbar, lanjut H Fachrudin, selalu memberikan dukungan terbaik pada semua Cabor yang berpotensi bisa menyumbangkan medali emas. Untuk Kejurda Dayung 2017, dukungan KONI Kalbar sangat besar.

“Saya sendiri akan selalu hadir pada setiap kegiatan pembinaan olahraga. Hal ini sebagai bagian dari motivasi atlet, sehingga mereka bisa melihat kinerja KONI, karena kami melayani Cabor,” pungkasnya. (mul/pul)