Ratusan Kohai KKI Kota Pontianak Jalani Kenaikan Sabuk

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 116

Ratusan Kohai KKI Kota Pontianak Jalani Kenaikan Sabuk
UJIAN SABUK – Ratusan Kohai Kyushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Kota Pontianak, mengikuti ujian kenaikan sabuk, halaman Sekolah Dasar (SD) Bawamai, Pontianak, Minggu (17/12).
SP - PENGCAB Kyushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Kota Pontianak, menggelar ujian kenaikan sabuk. Sekitar 140 Kohai dari sembilan ranting meramaikan kegiatan ini.

Agenda enam bulanan ini berlangsung di halaman Sekolah Dasar (SD) Bawamai, Pontianak, Minggu (17/12). Kenaikan sabuk ini, jadi salah satu cara pembinaan dan peningkatan prestasi para kohai yang dilakukan oleh Pengcab KKI Kota Pontianak.

“Kami konsisten dengan berbagai kegiatan dalam rangka mencetak karateka andalan. Salah satunya adalah melaksanakan kenaikan sabuk para kohai,” ujar Ketua Pengcab KKI Kota Pontianak, Dr Hatta Jurli.

Tidak hanya rutin melaksanakan ujian kenaikan sabuk, Pengcab KKI Kota Pontianak, yang membina sembilan ranting, konsisten melaksanakan kejuaraan, baik internal perguruan maupun antar perguruan.

“Setiap tahunnya, kita juga melaksanakan latihan bersama (Ghosuku). Dengan beberapa agenda-agedan rutin ini, kami terus eksis untuk mengangkat Cabor karate di Kalbar,” katanya.

Pria yang masih menjabat sebagai Sekum Pengprov Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Kalbar ini mengakui, Pengcab KKI Kota Pontianak punya ribuan karateka di semua level.

“Untuk kohai-kohai yang berlatih aktif di sembilan ranting, saya berharap terus rajin latihan, sehingga ke depannya bisa jadi karateka yang berprestasi,” papar Hatta.

Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Pengprov KKI Kalbar, Sensei Zulkifli mengapresiasi pelaksanaan ujian kenaikan sabuk yang diselenggarakan oleh Pengcab KKI Kota Pontianak. Menurutnya, dengan berbagai kegiatan yang konsisten dilakukan, maka terus lahir para karateka terbaik KKI.

“Ujian kenaikan sabuk jadi salah satu sarana untuk memotivasi kohai. Mereka sudah enam bulan latihan, sehingga sangat layak diuji untuk naik sabuknya,” kata Sensei Zulkifli.

Penyandang gelar DAN IV karate ini berharap, ke depannya semakin bantak karateka KKI yang bisa berprestasi di berbagai kejuaraan, baik daerah maupun nasional.

“Di Kalbar akan ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII di Sintang pada 2018. Saya kira, karateka KKI akan bisa mewarnai event tersebut, bahkan ke depannya bisa berpretasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua,” ujarnya. (mul/pul)