90 Pemuda dan Atlet Renang Kalbar Ikuti Coaching Clinic Pelatih Selam

Sport

Editor Andrie P Putra Dibaca : 129

90 Pemuda dan Atlet Renang Kalbar Ikuti Coaching Clinic Pelatih Selam
PEMBUKAAN - Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Kemenpora, Marheni Dyah, membuka kegiatan, Selasa (19/12). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, menggelar coaching clinic pelatih selam untuk 90 pemuda dan atlet renang Kalbar. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Selasa (19/12).

Kegiatan ini melibatkan instruktur dari Pengprov Persatuan Olahraha Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kalbar, yang nantinya akan melatih peserta pada coaching clinic pada hari berikutnya di Kolam Renang Kodam XII/Tanjungpura, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Kemenpora, Marheni Dyah K mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga keolahragaan khususnya instruktur di cabang selam di Kalbar.

"Tapi karena (cabang olahraga) selam belum begitu memasyarakat, jadi kita sosialiasi kepada para pemuda yang ingin belajar tentang olahraga selam," ujarnya kepada Suara Pemred.

Ia menjelaskan, kegiatan keolahragaan ini merupakan salah satu program utama di Kemenpora dan bahkan Nawacita Presiden Jokowi.

"Karena ini seiring dengan Nawacita Presiden Jokowi bahwa 2017 dan seterusnya, itu sudah masuk kita fokus ke sumber daya manusia," katanya.

Marheni berharap, peserta yang mengikuti coaching clinic serius dalam kegiatan.

"Karena diharapakan dari mereka, lahir calon bibit olahragawan yang bisa mengembangkan olahraga POSSI di tanah air, khususnya di Kalimantan Barat," ucapnya.

Ia mengatakan, wilayah Kalbar yang juga terdiri dari perairan, memang sangat berpotensi dikembangkannya cabang olahraga selam.

Ia melanjutkan, bahwa kegiatan ini tidak selesai di coaching clinic, akan tetapi ada tahapan berikutnya terutama bagi peserta yang serius mengikuti kegiatan.

"Nanti baru ada tindaklanjutnya setelah penyisiran dari kegiatan ini, semacam lisensi (penyelam),' pungkasnya. (umr)