Fachrudin Ajak Masyarakatkan Bola Tangan

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 396

Fachrudin Ajak Masyarakatkan Bola Tangan
KEJURDA ABTI - Pembukaan Kejurda Bola Tangan yang diselenggarakan oleh Pengda Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kalbar, di Lapangan Futsal AJC, Jalan Tanjung Raya II, Jalan Panglima Aim, Perumnas IV, Pontianak 18-19 Desember 2017.
SP - Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachrudin D Siregar, mengajak masyarakat untuk mengenal dan menggemari Cabor Bola Tangan. Menurutnya, olahraga tersebut bisa jadi salah satu pilihan olahraga masyarakat. 

Ajakan tersebut disampaikan oleh H Fahcrudin saat membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Tangan, yang digelar oleh Pengurus Daerah Asosiasi Bola Tangan Indonesia (Pengda ABTI) Kalbar.

Kejurda ini digelar di Lapangan Futsal AJC, Jalan Tanjung Raya II, Jalan Panglima Aim, Perumnas IV, Pontianak 18-19 Desember 2017.

“Mari jadikan Bola Tangan sebagai salah satu pilihan olahraga masyarakat. Sehingga Cabor ini bisa jadi pilihan Cabor andalan,” ujar H Fachrudin. 

Fachrudin menjelaskan, KONI Kalbar terus membina dan memberikan dukungan, agar semua Cabor yang ada di Kalbar, bisa berkembang. Bahkan melibatkan semua stakeholder untuk mendukungnya.

“Kita punya Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang terus bekerja. Melalui Litbang, maka kita upayakan Cabor-Cabor berprestasi berdasarkan Litbang,” katanya. 
 
Ketua Pengda ABTI Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan, tujuan Kejurda tersebut adalah menjadikan Cabor tersebut sebagai ajang kompetitif Atlet Bola Tangan yang selama ini jarang dipertandingkan. 

“Selain itu, Kejurda jadi wadah pencarian bibit-bibit unggul Atlet Bola Tangan Kalbar, yang ke depannya bisa ditampilkan pada event-event nasional,” papar Bang Zulfy. 

Menurutnya, hasil Kejurda ini, jika memenuhi persyaratan minimal tinggi 170 putra dan 165 putri, maka akan diikutkan seleksi Pekan Olahraga Nasional (PON)Remaja, yang akan di laksanakan akhir Desember 2017 di Balikpapan. 

Bang Zulfy mengakui, sebagai Cabor yang tergolong baru di Indonesia dan Kalbar, pihaknya akan terus mensosialisaisikan ABTI, terutama dalam pembinaan dan pencarian bakat atlet.

“PB ABTI akan menggelar Kejurnas Handball 2018, dengan tema Road To Asian Games 2018. Selain itu, ada juga Kejurnas junior dengan usia 16-20 Kalbar,” tuturnya.
  
Pengda Kalbar sendiri, lanjut Bang Zulfy, siap mengikuti dan melaksanakan Kejurnas junior yang telah di tetapkan oleh PB ABTI. Ia mengakui, Kalbar harus siap untuk kejuaraan ini, termasuk mempersiapkan PON Remaja di Kaltim. 

“Kami akan menyeleksi orang-orang yang potensial untuk diikutkan dalam kejuaraan ini. Walaupun tujuan Kejurnas Junior lebih kepada memberikan motivasi Bola Tangan berkembang di Indonesia dan daerah-daerah,” jelas Bang Zulfy.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap Cabor Bola Tangan mendapat perhatian dari KONI dan Dispora Kalbar, sebagaimana Cabor-Cabor lainnya. 

“Kita tidak main-main dengan kesempatan ini. Apalagi Cabor Bola Tangan sudah dimainkan di kampus-kampus. Bahkan sudah menjadi martikulasi kepelatihan, termasuk di tingkat SMA dan SMP,” pungkasnya. (mul/pul)