Karya Mulhakim Menang Sayembara Logo Porprov Sintang

Sport

Editor Andrie P Putra Dibaca : 470

Karya Mulhakim Menang Sayembara Logo Porprov Sintang
Logo Porprov karya Mulhakim. (ist)
SINTANG, SP – Pemenang sayembara desain logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sintang XII 2018, telah diumumkan. Sang pemenang adalah Mulhakim, warga Kabupaten Sintang.

Menurut ketua panitia sayembara, yang juga Sekum KONI Kalbar, Suhadi SW, Mulhakim adalah warga Jalan MT Haryono No 76 RT 009/RW 003, Kapuas Kanan Hulu Sintang, berhasil menyisihkan 86 peserta lainnya.

"Mulhakim sendiri adalah PNS di Pemkab Sintang. Karyanya jadi yang terbaik, karena sesuai dengan visi dan misi KONI Kalbar untuk Porprov XII Sintang," kata Suhadi SW.

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kalbar ini menjelaskan, dewan juri yang dipimpin oleh A Halim R, budayawan dan seniman senior Kalimantan Barat, bersama Budi Darmawan, Ketua Komisi Yudisial Kalbar, dan Budi Kurniawan, Design Grafis salah satu koran harian di Pontianak, memberikan nilai tertinggi pada Mulhakim.

"Pada intinya, desain tersebut sangat simpel dan sederhana, namun memiliki makna yang sangat dalam, terkait kearifan lokal setempat," paparnya.

A Halim R mengatakan, penilain dewan juri terhadap naskah-naskah yang masuk, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan panitia. Adapun kriterianya adalah mengandung unsur olahraga dan sportivitas, budaya dan pariwisata, artistik dan seni

"Selain itu, ada memuat unsur kearifan lokal Kabupaten Sintang, dan semangat kebersamaan," kata Halim.

Desain logo yang dibuat oleh Mulhakim, lanjut Halim, terdapat tiga lingkaran ring, yang merupakan logo KONI. Maknanya adalah persahabatan, persaudaraan dan persatuan.

Adapula Bukit Kelam, yang merupakan Ikon Kabupaten Sintang. Bukit Kelam, berjarak 8 Km dari pusat Kota Sintang. Bukit Kelam merupakan sebuah batu kedua terbesar di dunia setelah Bukit Batu Uluru di Australia Tengah.

Menurutnya, pada Cabor, Bukit Kelam sangat ideal untuk Panjat Tebing dan Terbang Layang. Demikian pula untuk tulisan Porprov Kalbar XII dan Sintang 2018, menjelaskan tentang kegiatan, tempat dan waktu penyelenggaraan.

"Dengan melihat logo ini, orang langsung mengetahui bahwa itu adalah Kabupaten Sintang," ungkapnya.

Sebagai pemenang, Mulhakim berhak atas hadiah Rp10 juta. Logo rancangan Mulhakim ini, akan diperkenalkan secara resmi pada launching Porprov 2018, yang akan berlangsung pada minggu ketiga Januari 2018.

Sayembara logo Porprov 2018 di Sintang 9-16 September. Event tersebut dimulai pada 28 Desember 2017, dan ditutup 7 Januari 2018.

Animo peserta sangat besar, yang mencapai 87 Naskah.

"Walaupun hanya 10 hari, peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari Kalbar saja, namun dari berbagai daerah di luar Kalbar, seperti dari Jawa Timur, Jogyakarta, Jakarta dan Sumatera. Ada juga dari Sanggau, Sekadau, dan terbanyak dari Sintang," pungkasnya. (mul)