Sintang Siap Launching Porprov XII KONI Kalbar Matangkan Susunan Panitia Besar

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 74

Sintang Siap Launching Porprov XII KONI Kalbar Matangkan Susunan Panitia Besar
PAPARAN - Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar beserta jajarannya saat rapat bersama dengan Bupati Sintang, Jarot Winarno, di kantor KONI Kalbar, komplek Stadion Sultan Syarief Abdurrahman (SSA), Selasa (9/1) malam. Rapat ini membahas tentang persiapa
Bupati Sintang, Jarot Winarno
"Kita siap jadi tuan rumah yang baik. Sukses penyelenggaraan, karena kita menjamu duta-duta daerah dalam bidang olahraga"

SP - Kabupaten Sintang, siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar XII 2018. Kesiapan ini disampaikan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, saat rapat bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, Selasa (9/1) malam.

Saat rapat yang berlangsung di ruang pertemuan KONI Kalbar tersebut, Jarot menjanjikan, Sintang bisa jadi tuan rumah terbaik pada pesta olahraga terakbar di Jagat Bumi Khatulistiwa tersebut. Sehingga ia memastikan, semua persiapan telah dilakukan secara maraton.

"Kita siap jadi tuan rumah yang baik. Sukses penyelenggaraan, karena kita menjamu duta-duta daerah dalam bidang olahraga," ujar Jarot.

Walaupun baru pertama kali menjadi penyelenggara kejuaraan olahraga multi event, namun dengan semangat yang besar, maka Pemkab Sintang siap memenuhi sarana dan pra-sarasarana olahraga.

"Dana jelas sangat besar, karena kita akan menyelenggarakan 34 pertandingan Cabor. Oleh karena itu, kita terus meningkatkan kerja sama, komunikasi, dan koordinasi dengan KONI Kalbar, sebagai pelaksana," paparnya.

Jarot berharap, KONI Kalbar segera mematangkan dengan mengeluarkan SK panitia, agar sinkronisasi persiapan semakin mudah. Pihaknya sendiri sudah menyediakan sekretariat panitia di Kota Sintang.

Adapun perhitungan pendanaan, Sintang sebagai tuan rumah akan menyediakan semua sarana dan prasarana pertandingan (venue). Selain itu, untuk opening dan clossing ceremony, dan protokoler tamu.

"Sementara perlengkapan atlet dan pelatih Cabor, seperti makan, akomodasi, dan biaya pertandingan, biasanya didanai dari APBD Provinsi, lewat KONI," ungkap Jarot.

Sementara masalah yang saat ini terus diselesaikan adalah mengenai pemantapan status venue. Ada beberapa venue Cabor, yang hingga saat ini belum sesuai standar, di antaranya Balap Motor, Panjat Tebing, Atletik dan Renang, karena keterbatasan yang ada, maka pertandingan beberapa Cabor, akan digelar di kabupaten terdekat, yakni Sekadau dan Sanggau.

Jarot, yang juga menjadi Ketua Umum Panitia Besar (PB) Porprov Kalbar XII 2018, meyakinkan semua pihak, bahwa Sintang siap memperbaiki kekurangan venue. Bahkan siap membangun venue Cabor, meskipun waktu pelaksanaan Porprov menyisakan sembilan bulan.

“Venue yang belum ada sama sekali hanya tiga, ini termasuk berat. Namun, kita akan segera bangun, dan dalam waktu lima bulan, bisa selesai," paparnya.

Menurutnya, venue Panjat Tebing, biayanya cukup mahal, karena harus beli baru. Kemudian kolam renang, walau ada kolam renang di Bukit Kelam, yang standar, hanya tidak terawat. Dan terkahir adalah lintasan atletik, karena dampak perbaikan stadion, sehingga harus didesain ulang.

Diperkirakan ribuan atlet, official dan pelatih dari setiap kontingen memadati Kabupaten Sintang, sehingga memaksa panitia dan pemerintah setempat memaksimalkan penginapan yang digunakan. 

Untuk penginapan, juga masih kurang 1/3 dari jumlah perkiaraan kontingen. Namun selain menawarkan hotel, lossmen, homestay dan rumah kontrakan, pihaknya juga menyiapkan sarana pemerintah.

Ketua KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar menjelaskan, jajarannya secara rutin berkoordinasi dengan pemkab Sintang. KONI sendiri, juga berkomitmen memperbaiki kekurangan selama proses persiapan Porprov. 

"Secara teknis pertandingan, setiap Pengprov Cabor yang bakal melaksanakan pertandingan, mereka yang akan mematangkan diri. Mulai dari regulasi, peralatan pertandingan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditugaskan," katanya.

KONI Kalbar, sudah membuat SK tentang penetapan Sintang sebagai tuan rumah Porprov. Dalam beberapa waktu ke depan, perangkat panitia akan terbentuk, dan bisa launching Porprov XII Sintang 2018.

"Kita akan gaungkan semua persiapan, menuju suksesnya Porprov pertama di luar Kota Pontianak. Saya minta dukungan semua pihak, sehingga event ini bisa dinikmati bersama," pungkasnya. (mul/pul)