Perenang Muda Kalbar Siap Tampil di Kejuaraan Internasional

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 285

Perenang Muda Kalbar Siap Tampil di Kejuaraan Internasional
FOTO BERSAMA - Perenang muda harapan Kalbar, Elsa Anasya (tengah) saat berfoto bersama dengan Ketua KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar dan pengurus KONI lainnya. (Ist)
SP - PERENANG muda harapan olahraga Kalbar, siap tampil di kejuaraan internasional. Adalah Elsa Anasya, perenang yang membela bendera Pontianak Swimming Club (PSC), akan berlaga di Singapore National Age Group (SNAG), 9-11 Maret 2018.

Kejuaraan yang diikuti oleh para perenang terbaik dari beberapa negara ini, akan jadi ajang pembuktian dara manis berusia 11 tahun tersebut. Oleh karena itu, saat ini Elsa terus mematangkan persiapan, dengan berlatih intensif di Kolam Renang Ampera. 

"Elsa akan tampil di kelas junior. Ia terus kita genjot dengan latihan intensif," ujar pelatih PSC, Juanda, Selasa (23/1).

Tampilnya siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Pontianak Timur ini, karena meraih hasil yang terbaik saat tampil di ajang CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship di Jakarta, 9-15 Desember.

Pada event tersebut, Elsa meraih tujuh medali emas untuk kelompok umur 4. Tidak hanya itu, Elsa juga mampu memecahkan dua rekor, yaitu rekor kejuaraan antar perkumpulan renang seluruh Indonesia ( Krapsi ) dan satu Nasional.

"Elsa akan mewakili Kalbar dan Indonesia. Kesempatan ini bisa jadi ajang pembuktian kemampuannya, termasuk untuk naik kelas," katanya.

Kejuaraan renang SNAG, merupakan salah satu ajang bergengsi bagi atlet renang kelompok umur. Elas sendiri akan tampil kategori kelompok umur junior. Adapun beberapa negara yang sudah pasti mengirimkan perenangnya adalah dari negara-negara Asean.

"Target kita untuk Elsa adalah menjadi yang terbaik di kelompoknya. Kita akan berusaha untuk menggenjot limit waktunya," papar Juanda.

Prestasi terbaik Elsa di berbagai kejuaraan, telah membuktikan kemampuan terbaiknya di Cabor Renang. Sebelumnya, Elsa pernah meraih lima medali pada ajang Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) Nasional yang di Medan.

Ketika itu, Elsa meraih medali emas di nomor 100 m gaya bebas dan 50 m gaya punggung. Kemudian satu perak di nomor 50 m gaya bebas, dan dua perunggu di nomor 50 m gaya dada dan 100 m gaya dada.

"Elsa Anasya juga mendapatkan medali emas saat tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Semarang," ujar Juanda.

Optimisme disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) KONI Kalbar, Eka Kurniawan. Ia menyatakan, Elsa adalah harapan Kalbar untuk meraih berbagai gelar di pentas nasional.

Bahkan, melihat bakat perenang muda Kalbar tersebut, KONI Kalbar semakin percaya diri untuk memenuhi target meraih 12 medali emas di PON 2020 mendatang.  

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi Elsa, dengan berbagai prestasinya. Untuk itu, KONI Kalbar telah memberikan perhatian terbaik, dalam bentuk uang pembinaan," kata Eka.   

Menurut pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kalbar ini, Elsa akan terus dipantau perkembangannya. Eka mengakui, semua prestasi spektakuler Elsa, akan ditingkatkan untuk memenuhi standar nasional. (mul/pul)