Sugioto Akan Majukan FOBI Kalbar

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 173

Sugioto Akan Majukan FOBI Kalbar
BARONGSAI - Kejuaraan Barongsai yang diselenggarakan oleh Pengprov FOBI Kalbar, pada 18-22 Januari 2018 bertajuk Barongsai Vois Lion Sport Sinar Surya Cup 2018. Kegiatan ini Salah satu cara untuk mengenalkan Cabor ini ke masyarakat. (Ist)

KONI Kalbar Siap Wadahi Setiap Cabor


Ketua FOBI Kalbar, Sugioto
"Ini awal kita meningkatkan pembinaan Cabor Barongsai, yang akan segera bergabung di KONI. Saya dan jajaran pengurus siap melakukan yang terbaik"

SP - KETUA Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar, Sugioto mengatakan siap memajukan olahraga ini. Kesiapan ini disampaikan oleh Sugioto, saat dihubungi Suara Pemred, Selasa (23/1).    

Pria yang akrab dipanggil Rico ini, baru saja di lantik sebagai ketua FOBI Kalbar, Minggu (21/1) di Gedung Perbasi, Jalan AR Hakim, Pontianak. Pelantikan sendiri dihadiri oleh Wakil Ketua Umum FOBI, Haris Chandra.

"Ini awal kita meningkatkan pembinaan Cabor Barongsai, yang akan segera bergabung di KONI. Saya dan jajaran pengurus siap melakukan yang terbaik," ujar Rico.

Pelantikan Pengprov FOBI Kalbar, di bawah kepemimpin Sugioto adalah merupakan pelantikan yang pertama kali lahir di Bumi Khatulistiwa. pengprov FOBI diharapkan jadi wadah organisasi yang membawa Barongsai.

"Tujuan kita adalah agar olahraga ini semakin dikenal dan digemari masyarakat. Tidak hanya dikalangan warga Tionghoa saja," paparnya. 

Rico sendiri mengaku senang dengan sambutan dan apresiasi semua pihak dengan terbentuknya Pengprov FOBI. Ia menjelaskan, Kalbar adalah salah satu Provinsi yang mempunyai tim-tim Naga dan Barongsai yang berkualitas.

"Semoga dengan terbentuknya FOBI Kalbar dapat mewadahi dan membina sasana-sasana yang ada di Kalbar, sehingga bisa berkembang menjadi lebih baik lagi,” ujar Rico.

Salah satu cara untuk mengenalkan Cabor ini ke masyarakat, Pengprov FOBI Kalbar sendiri sudah menyelenggarakan kejuaraan. Event yang berlangsung pada 18-22 Januari 2018 bertajuk Barongsai Vois Lion Sport Sinar Surya Cup 2018.

"Tim-tim yang bertanding sudah menunjukkan kemajuan besar. Kami melihat ini sebagai modal besar peningkatan Cabor Barongsai di Kalbar. Kami ingin mengangkat prestasi ini ke tingkat nasional," tuturnya. 

Ketua KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar menyatakan, semua Cabor prestasi dan fungsional akan dibina oleh pihaknya. Salah satu caranya adalah dengan merangkul keberadaan mereka.

"Semuanya kita wadahi, asal sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada. KONI pada sifatnya adalah pembinaan organisasi Cabor," katanya. 

KONI Kalbar sendiri menyambut baik dengan dilantiknya kepengurusan FOBI. Ia pun meminta, FOBI bisa meningkatkan eksistensi Cabor ini di Kalbar menuju prestasi nasional.

"Mari kita bersinergi, agar semuanya bisa menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan pembangunan," ujar H Fachrudin.

Pj Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji, yang diwakoli oleh Kadisporapar, Kartius mengatakan, kuat dan tangguhnya suatu organisasi terletak pada figur dan kinerja kepemimpinan di dalamnya. Sedangkan organisasi yang baik adalah organisasi yang mampu menjalankan dan mengendalikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) nya.

"Serta mengakomodir kebutuhan anggotanya secara bijak, adil dan merata. Untuk itu pengurus harus bisa mengakomodir anggotanya, ” kata Kartius.

Kartius menjelaskan, FOBl dengan salah satu tugas pembinaannya tidak hanya mengatur anggotanya, namun harus memberikan sentuhan pada upaya menjadikan olahraga tidak hanya sebagai budaya, namun juga dapat meningkatkan prestasi atlet binaannya serta memajukan organisasi. 

"Masyarakat barangkali tidak melihat sosok strategis dibalik pencapaian tersebut, namun masyarakat lebih melihat dan menilai tingkat pencapaian prestasi olahraga di daerahnya," paparnya.

Dikatakannya, Pemprov Kalbar, sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya, sangat memberi perhatian dan apresiasi pada setiap pencapaian prestasi olahraga. Semuanya belum terakomodir secara utuh mengingat untuk membangun keunggulan olahraga memang tidak mudah dan tidak juga murah.

“Segera lakukan pemetaan bersama KONI dan perangkat keolahragaan di kabupaten/kota agar wacana ini tidak sekedar menjadi bahan diskusi dan konsep tertulis saja,” pungkasnya.

Perbanyak Kejuaraan Prestasi


KEPENGURUSAN Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar yang diketuai oleh Sugioto, langsung bergerak usai dilantik pada Minggu (21/1). Salah satu adalah dengan menggelar kejuaraan. 

Peserta tidak hanya datang dari Kota Pontianak, namun dari sejumlah wilayah di Kalbar. Bahkan Tim Barongsai asal Bogor dan Jakarta, ikut memeriahkan kejuaraan ini. Menurut Sugioto perlombaan ini sebagai awal untuk membina atlet-atlet Barongsai berbakat yang ada di Kalbar.

"Peserta lomba yang memiliki kemampuan dalam bermain Barongsai akan segera kami tampung dan latih di FOBI, karena bisa saja akan diikutkan ke pertandingan tingkat nasional," ujarnya.

Ada 25 tim Barongsai yang berpartisipasi pada Open Turnamen dengan tajuk Vois Lion Sport Sinar Surya Cup 2018, di GOR Perbasi Pontianak. 

Wakil Ketua Umum Group Vois Lion Sport Sinar Surya, Ferry Octavianus mengatakan event ini rencananya akan ditetapkan sebagai agenda tetap FOBI Kalbar.

"Ini pertama kalinya ada turnamen. Ke depanya, akan ditetapkan sebagai agenda tetap FOBI Kalbar. Adapun kategorinya adalah Barongsai Tradisional (lantai)," kata Ferry. 

Ferry menjelaskan, event kali ini semata-mata bukan hanya untuk meraih prestasi. Namun, ada hal yang sangat penting dicapai pada gelaran turnamen tersebut, yakni memupuk rasa persatuan serta persaudaraan segenap perkumpulan Barongsai, khususnya yang ada di Kalbar.

"Memperkenalkan kesenian Barongsai sebagai olahraga prestasi.

Kemudian melatih mental, keterampilan dan kreativitas para peserta turnamen," pungkasnya. (mul/pul)