Fachrudin Ajak Warga Semarakkan Pontianak Berlari, Sporta Kalbar Siapkan Kejutan untuk Peserta

Sport

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 159

Fachrudin Ajak Warga Semarakkan Pontianak Berlari, Sporta Kalbar Siapkan Kejutan untuk Peserta
LOMBA - Lomba lari beberapa waktu lalu di Pontianak. Sementara itu, Sporta Kalbar akan menyelenggarakan lomba Berlari 5K. Event ini akan diselenggarakan pada Minggu (13/5). (Ist)
Ketum KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar
“Ini event yang sangat menarik. Secara pribadi dan organisasi, kami jelas mendukung. Oleh karenanya, mari kita bersama-sama meramaikannya

SP - KETUM Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Fachrudin D Siregar mengajak masyarakat Kalimantan Barat untuk menyemarakkan Pontianak Berlari 5K. Event yang digelar oleh Sporta Kalbar ini, akan diselenggarakan pada Minggu (13/5). 

“Ini event yang sangat menarik. Secara pribadi dan organisasi, kami jelas mendukung. Oleh karenanya, mari kita bersama-sama meramaikannya,” kata Fachrudin.

Menurut pria yang dua periode menjabat sebagai Ketua KONI Kota Pontianak ini, dengan banyaknya kejuaraan dan event-event olahraga, tentunya akan meningkatkan prestasi atlet.  

“Tidak hanya prestasi, karena pada dasarnya, olahraga bisa menyatukan banyak pihak. Bahkan, olahraga bisa mendatangkan wisatawan,” paparnya.

Dengan banyaknya kunjungan wisatawan, tentunya akan menambah kemajuan berbagai bidang. Atlet yang meramaikan dan berprestasi pada suatu kejuaraan, pastinya akan bercerita tentang keindahan, keunikan, dan berbagai hal tentang Pontianak.   

“Kalau mereka puas dengan pelayanan panitia, maka mereka akan kembali datang. Bahkan, mengajak rekan-rekannya, untuk ke Kalbar,” kata Fachrudin.

Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah, baik provinsi maupun daerah, serta stakeholder lainnya, bisa memperbanyak event-event olahraga, agar bidang olahraga di Kalbar semakin berkembang.

“KONI sendiri terus meningkat prestasi atlet. Cara-cara terbaik dilakukan, agar atlet yang berprestasi bisa menjadi yang terbaik. Salah satunya adalah dengan memberikan insentif dan beasiswa untuk pendidikan,” tuturnya.

Ketua panitia Pontianak Berlari 50K, Ongky Lesmana mengatakan, Sporta Kalbar di bawah komandonya, terus konsisten menyelenggarakan berbagai event olahraga. Mulai Bola Basket, Bola Voli, Marathon, dan masih banyak lainnya.

“Ini merupakan wujud konsistensi kita dalam meningkatkan prestasi atlet Kalbar. Berbagai kejuaraan ini, menunjukkan bahwa olahraga Kalbar, punya prospek yang luar biasa,” katanya.

Terselenggaranya kejuaraan ini, bertujuan untuk menyemarakan gaung olahraga di Kalbar, Pontianak khsususnya. Melalui Pontianak Berlari 5K, Sporta ingin mencari bibit-bibit muda pelari Kalbar.

"Semakin banyak event, semakin baik. Karena kejuaraan olahraga jadi muara peningkatan pretasi. Kita akan terus selenggarakan, agar olahraga Kalbar semakin dikenal luas," tuturnya.

Pontianak Berlari 5K akan mengambil rute Jalan Nurali-Jenderal Urip-Merdeka-Diponegoro-Gajahmada-Hijas-Tanjungpura-Rahadi Osman-Zainudin. Bagi para peserta yang berminat berpartisipasi pada kejuaraan ini, dipersilahkan daftar di Lilosport, Samping Gereja Katedral.

"Pendaftaran dikenai biaya Rp100 ribu. Adapun batas pendaftaran adalah Senin, 16 April 2018. Untuk informasi pendaftaran, bisa menghubungi nomor HP 0898 8943 606 atau instagram sportakalbar," papar Ongky.

Ongky menjelaskan, bagi para pendaftar akan disediakan race pack berupa baju, nomo lari, souvenir, air minum, medali, dan kupon undian bagi yang bisa mencapai garis finis. 

"Saya berharap, para penggemar olahraga lari bisa memanfaatkan moment ini. Sehingga maksud dan tujuan diadakannya olahraga ini, bisa tercapai. Kita akan terus membangun olahraga Kalbar, sehingga ke depannya terkenal hingga ke manca negara," pungkasnya.

Tingkatkan Prestasi Olahraga

KETUA KONI Kota Pontianak, Mei Purwowidodo mengapresiasi eksistensi Sporta Kalbar yang terus membina olahraga. Menurutnya, kerja sama dengan stakeholder dalam menyelenggarakan suatu kejuaraan olahraga, bisa jadi cara terbaik meningkatkan prestasi olahraga.

"Kita terus mendukung terselenggaranya kejuaraan-kejuaraan olahraga. Sudah seharusnya, olahraga diselenggarakan bersama-sama, karena ini milik masyarakat," ujar Mei.

Menurut Mei, KONI Kota Pontianak sendiri terus membina semua Cabor yang masuk jadi anggota KONI. Dengan pembinaan terbaik, KONI berharap, atlet Cabor Kota Pontianak bisa berbicara di tingkat nasional.

"Kota Pontianak terus menjadi barometer olahraga di Kalbar. Oleh karena itu, kita berusaha membantu KONI Kalbar untuk meningkatkan prestasi di kancah nasional, misalnya di PON," pungkasnya. (pul)