Minggu, 20 Oktober 2019


Tim Sumpit Kodim 1202/Skw Juara Umum Piala Pangdam XII/Tanjungpura

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 48
Tim Sumpit Kodim 1202/Skw Juara Umum Piala Pangdam XII/Tanjungpura

JUARA SUMPIT - Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan S.Sos, bersama para juara Lomba Sumpit dalam rangka HUT ke-74 TNI yang diselenggarakan Kodam XII/Tpr, Rabu (9/10/2019)

TIM Sumpit Kodim 1202/Singkawang, berhasil menjadi juara umum Lomba Sumpit Piala Pangdam XII/Tanjungpura. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 TNI di Kodam XII/Tpr.

Lomba Sumpit yang digelar Kodam XII/Tpr, diikuti oleh peserta putra dan putri, yang merupakan perwakilan dari masing-masing Kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Kalbar.

"Hasil lomba Sumpit, untuk Piala Bergilir Pangdam XII/Tpr, diraih oleh tim dari kontingen Sumpit Kodim 1202/Singkawang," kata Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan S.Sos, kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Adapun tujuan Lomba Sumpit ini adalah melestarikan kearifan lokal, yang di Sport Center Kodam XII/Tpr, Jalan arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, Selasa (8/10/2019).

Lomba Sumpit diagendakan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, menjadi perlombaan tahunan memperingati HUT TNI.

“Sumpit merupakan satu di antara senjata tradisional yang sering digunakan oleh suku Dayak di kawasan Kalimantan. Oleh karenanya Kodam XII/Tpr, memandang perlu untuk turut serta dalam melestarikannya,” tutur Dandim.

Dandim menegaskan keikutsertaan kali ini selain untuk menjadi juara juga yang ditekankan adalah nilai silaturahmi dan kebersamaan sesama tim dalam mengembangkan dan mempertahankan kearifan lokal.

Tentunya Prestasi yang diraih adalah melalui usaha dan latihan yang intensif serta mempunyai jiwa korsa yang tinggi untuk bisa memberikan yang terbaik.

"Kita ikut serta untuk membantu melestarikan dan menggelorakan olahraga maupun budaya lokal di Kalbar," lanjutnya.

Kontingen Sumpit Kodim 1202/ Skw meliputi tiga wilayah yang antara lain Kontingen Kota Singkawang mengirimkan 10 orang atlet dengan Dankontingen Danramil Kota Singkawang, Kapten Arm Heri Trisusilo.

Kemudian Wadankontingen Hermansyah dengan peserta putra Leo Dedy Anjiu, Andreas Aan, Heronimus,Yulianus Doni, Agustinus Arianto, dan Kristoforus. Peserta putri Lia Caroline,Fellagia brigit, Purnama Sari dan Angelica Casandra.

Kontingen Kabupaten Sambas mengirimkan 10 orang atlet dengan Dankontingen Danramil Kawai, Kapten Inf Nazirin, Wadankontingen Amry.

Peserta putra Riki, Jonset, Alfianus,Mardianto, Susanto, dan Asmadi serta peserta putri Fransiska, Elsa Budi, Yuliana Ela, dan Ipit

Kontingen Kabupaten Bengkayang mengirimkan 10 orang atlet dengan Dankontingen Danramil Samalantan, Letda Inf Agustinus dan Wadankontingen Petrus. Peserta putra Ferdinan, Suryadi, Yakobus Martin, Yulius Ari Ignasius Rino, dan Simon Liput. Sementara peserta putri Tisa, Marselina Uci, Yustina Rika, dan Felling.

Persaingan begitu ketat, peserta yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar itu telah menunjukkan hasil dan yang meraih Juara 1 perorangan putra Leo Dedy Anjiu dari Singkawang, Juara 2 perorangan putra dari Pontianak, Juara 3 perorangan putra dari Kabupaten Sanggau.

Juara 1 perorangan putri yakni Angelica Casandra dari Singkawang, Juara 2 perorangan putri dari Pontianak, Juara 3 perorangan putri dari Kubu Raya.

Selanjutnya, Juara 1 beregu Putra Leo Dedy, Andreas Aan dan Yulianus dari Kota Singkawang, Juara 2 beregu Putra dari Kota Pontianak dan Juara 3 beregu Putra dari Kabupaten Sanggau.

Untuk kelas Putri, Juara 1 beregu Putri Angelica, Purnamasari dan Lia Carolin dari Singkawang, Juara 2 beregu Putri dari Pontianak, Juara 3 beregu Putri dari Kabupaten Sanggau.

"Semoga prestasi yang diraih menjadi juara umum oleh Tim Sumpit Singkawang dapat dipertahankan dan ditingkatkan," pungkas Dandim. (mul)