Minggu, 17 November 2019


Karateka FRKP Karate Club Resmi Dilantik jadi Prajurit Taruna Akmil Magelang

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 4394
Karateka FRKP Karate Club Resmi Dilantik jadi Prajurit Taruna Akmil Magelang

STEPANUS Josua Kayo, Karateka FRKP Karate Club Resmi Dilantik jadi Prajurit Taruna Akmil Magelang

STEPANUS Josua Kayo, karateka terbaik FRKP Karate Club, yang menyandang gelar DAN ll Lemkari AL, telah dilantikan menjadi Prajurit Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang. Ia dilantik oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, 860 Prajurit Taruna dan Bhayangkara Dua Taruna Akademi Kepolisian (Prabhatar) Tahun 2019.  

Josua Kayo adalah putra dari Chris Samanyuk, yang juga merupakan DAN IV Lemkari AL dan anggota FRKP Karate Club, binaan Bruder Stephanus Paiman, OFM Cap. Ia lolos mengikuti pendidikan di Akmil Magelang, berkat berbagai prestasinya di Cabor Karate.  

Josua akan mengikuti pendidikan 4 tahun lamanya di Akmil Magelang, bersama Prajurit Taruna lainnya se-Indonesia. Sebelum dilantik menjadi Prajurit Taruna, ia telah menyelesaikan pendidikan selama kurang lebih 3 bulan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Magelang, Jawa Tengah.

Pretasi membanggakan Josua, berkat pengabdian terbaik dari Bruder Steph. Sang aktivitas kemanusiaan dan Karate di Kalbar ini, sudah tidak perlu diragukan lagi. Berkat tangan dinginnya, lahir lah karateka-karateka hebat dari Bumi Khatulistiwa, bahkan sekarang suah berkarier di berbagai bidang.  

Contoh nyata adalah Stepanus Josua Kayo, yang berhasil menembus ketatnya persaingan menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia Angakatan Darat (TNI AD). Josua berhasil lolos menjadi Prajurit Taruna Akmil TNI AD di Magelang, berkat ketekunannya pada Cabor Karate di FRKP Karate Club.  

“Puji Tuhan, Josua sudah resmi menyandang status sebagai Prajurit Taruna. Tentunya ini sangat membanggakan. Ia akan mengikuti pendidikan di Akmil Magelang. Selain memang memiliki kemampuan akademis yang baik, Josua bisa lolos juga berkat prestasi di Cabor Karate,” tutur Ketua FRKP Karate Club tersebut.  

Josua adalah salah satu karateka andalan Lemkari Kalbar yang besar dan berlatih di FRKP Karate Club. Ia telah berhasil lulus ujian nasional dan berhak menyandang sabuk DAN II Karate. Saat itu, Josua langsung diuji oleh tim yang dipimpin Ketua Dewan Guru Lemkari, Shihan Willem Mantiri, yang menyandang sabuk DAN VIII.  

"Saat itu, Josua lulus dan berhak menyandang sabuk DAN II. Berkat ketekunan, prestasi, dan semangat juang yang tinggi, puji Tuhan, Josua masuk menjadi salah satu Taruna Akmil TNI AD Magelang,” kata Bruder Steph.  

Bruder Steph mengungkapkan, Josua adalah contoh terbaik dari atlet Karateka Kalbar. Berkat ketekunan berlatih dan menempa diri di FRKP Karate Club, ia bisa meraih berbagai prestasi gemilang. Yang mengantarikannya ke gerbang kesuksesan menjadi calon Perwira TNI AD dari jalur Akmil.  

Josua pernah menjuarai Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) Friendship Games 2017, untuk kelas Kadet Kata, maka Ketua Dewan Guru Lemkari langsung yang menguji.  

Hasilnya, sangat luar biasa tak terduga, Ketua Dewan Guru langsung memberinya jempol dan mengapresiasi dengan mengijinkan untuk ikut ujian DAN II. Kemudian yang sangat mengagumkan, ia lulus dengan predikat terbaik.  

Bruder Steph mengatakan Josua juga mendapat kehormatan dijamu Dandim Semarang Kol TNI Taufik Sega yang juga anggota Lemkari. Josua kemudian juga mendapat kehormatan bermain, Kata mendampingi Kennedi, karateka anggota Timnas Asian Games untuk Cabor Karate.

"Semoga semua pengalaman ini semakin memotivasi Josua untuk memberikan yang terbaik buat perkaratean Kalbar di kancah Nasional dan Internasional. Bagi karateka Kalbar, harus bercermin dan mencontoh apa yang dilakukan Josua," pungkas Bruder Steph. (mul)