Minggu, 17 November 2019


Atlet Nasional Paralympic Committe Pelajar Kalbar Siap Raih Medali Paperpenas IX

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 52
Atlet Nasional Paralympic Committe Pelajar Kalbar Siap Raih Medali Paperpenas IX

PELEPASAN – Kadisporapar Kalbar, Natalia Karyawati foto bersama dengan atleKontingen Peparpenas Kalbar, yang akan bertanding di Peparnas IX Jakarta Tahun 2019.

PONTIANAK, SP - Atlet National Paralympic Comitte (NPC) Pelajar Kalbar, siap mengikuti Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX Tahun 2019. Peparpenas IX berlangsung di Jakarta, 6-13 November 2019.

Adapun kontingen Peparpenas Kalbar diperkuat oleh 21 orang, yang terdiri dari 10 Atlet, 5 Pelatih dan 6 Official. Para atlet NPC Pelajar Kalbar, akan bertanding di lima Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, yaitu Renang, Atletik, Catur, Bulu Tangkis, dan Tenis Meja.
Pelepasan Kontingen Peparpenas IX Tahun 2019, dilakukan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar, Natalia Karyawati, di Aula Disporapar Provinsi Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo No 17 Pontianak, Senin (4/11).

Dalam sambutannya, Natalia berharap, agar kontingen Kalbar bisa memberikan yang terbaik pada pagelaran ini. Selain itu, harus terus menjaga nama baik Kalbar di pentas tersebut. Peparpenas, lanjut Natalia juga menjadi perhatian pemerintah, karena atlet-atlet NPC Pelajar punya hak yang sama dengan atlet lainnya.

“Roh olahraga adalah sportivitas. Jadi utama sportivitas dalam rangka meningkatkan silaturahmi antar atlet NPC Pelajar se-Indonesia,” kata Natalia.

Dengan mengutamakan sportivitas, papar Natalia, maka prestasi olahraga yang diraih oleh atlet NPC Pelajar Kalbar, akan semakin istimewa. Kontingan dari provinsi lain, akan melihat bahwa prestasi olahraga atlet NPC Pelajar Kalbar, berbanding lurus dengan sikap terpuji.

“Tetap harus meraih prestasi, dengan mendapatkan medali. Namun, tidak dengan cara-cara yang curang. Berprestasi dengan dedikasi dan sikap terpuji, lebih baik dari apa saja,” tutur Natalia.

Event Peparpenas IX Jakarta, diikuti oleh atlet-atlet NPC Pelajar dari 34 Provinsi se-Indonesia. Pesta olahraga bagi para penyandang disabilitas ini, menghadirkan sekitar seribuan peserta. Mereka akan memperebutkan gelar juara pada enam Cabor, antara lain Atletik, Renang, Bulutangkis, Tenis Meja, Catur dan Boccia.

Peparpenas sendiri, menjadi salah satu wadah untuk para atlet NPC Pelajar penyandang disabilitas agar bisa tampil di ajang yang lebih tinggi. Indonesia memiliki Atlet-Atlet Paralympic yang sudah menunjukkan prestasinya di tingkat Asia, dengan menduduki peringkat ke-5 di tingkat Asia.

Dengan mengusung semangat kesetaraan, melalui kesamaan akses dan kesempatan, maka atlet NPC Pelajar terus menjadi harapan bangsa dalam prestasi di tingkat International.

Ketua NPC Kalbar, Wahdina, berharap para atlet NPC Pelajar bisa memberikan prestasi terbaiknya. Para atlet yang mengikuti Peparpenas IX di Jakarta, telah mendapatkan pelatihan maksimal menjelang keberangkatan.

“Atlet-atlet NPC Kalbar optimis bisa mempertahankan prestasi  yang  terakhir diraih selama ini. Pada Peparpenas yang lalu di Jabar, Kalbar bisa masuk 15 besar,” katanya.

Wahdina mengakui,  atlet NPC Pelajar Kalbar mesti melalui perjuangan yang sangat berat, untuk mendapatkan medali. Hal ini tentu saja karena yang dihadapi adalah para atlet NPC Pelajar dari seluruh daerah di Indonesia. Namun, dengan semangat membela nama Kalbar di pentas nasional, maka akan terjud prestasi.

“Semoga para atlet bisa merealisasikan harapan kita semua. Berjuang demi Kalbar untuk menjadi yang terbaik. Selama mengikuti Peparnas, jaga sportivitas demi prestasi terbaik,” pungkasnya. (mul)