Jumat, 13 Desember 2019


Laksamana Pertama TNI Sudarmoko Pimpin PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 195
Laksamana Pertama TNI Sudarmoko Pimpin PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal

Laksamana Pertama TNI Sudarmoko Pimpin PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal

PERGURUAN Pencak Silat (PPS) Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, menggelar pelantikan dan pengukuhan Ketum Periode 2019-2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (30/11) malam WIB.

Adapun yang dilantik dan dikukuhkan menjadi Ketum PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal adalah Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sudarmoko, yang juga menjabat sebagai Wakil Asisten Logistik (Wasalog) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Ia adalah salah satu pendekar PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, yang punya perhatian membesarkan PPS ini.

Pelantikan dan pengukuhan dilakukan oleh Ketua Dewan Penasehat PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, HM Suronto, yang juga merupakan Ketum PSS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal periode sebelumnya. Dengan prosesi yang khidmat, kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh persilatan di Kalbar. Di antaranya hadir Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalbar, Sutopo.

"PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, tidak sekedar organisasi olahraga semata, namun turut melestarikan budaya, untuk menunjang persatuan dan kesatuan bangsa," kata Laksma TNI Sudarmoko.

Perwira tinggi TNI AL, alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 1986  tersebut menyatakan, bahwa slogan tersebut selaras dengan sejarah awal berdirinya Wekasan. PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, merupakan perguruan ilmu bela diri Pencak Silat, yang dikembangkan oleh Mbah Kasan sejak Tahun 1918 di Ambawang dan Tembang Kacang, Kalbar.

Sejak awal berdirinya, Wekasan memang telah menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, khususnya di Kalbar yang diamanatkan langsung oleh Presiden pertama Ir Sukarno kepada Mbah Kasan saat itu. Hal tersebut disampaikan kembali oleh Laksma TNI Sudarmoko, usai dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketum.

“Untuk itu, dengan adanya pelantikan dan pengukuhan ini, maka kita akan tingkatkan peran PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal. Salah satunya adalah dengan melahirkan pesilat-pesilat yang bisa berkiprah di tingkat nasional,” paparnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, Laksma TNI Sudarmoko dalam kepemimpinan akan terus meningkatkan koordinasi dan koordinasi dengan seluruh pihak. Baik di internal maupun eksternal. Misalnya dengan kepengurusan, Pengprov IPSI, KONI, dan stakeholder yang ada.

“Langkah nyatanya adalah dengan menggelar kejuaraan internal dan open. Dengan banyaknya kejuaraan, maka akan memotivasi pesilat-pesilat muda dalam berlatih, untuk meningkatkan prestasinya,” tutur Laksma TNI Sudarmoko.

Ketua IPSI Kalbar, Sutopo sangat mengapresiasi eksistensi PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, dalam melahirkan pesilat berprestasi. Tidak hanya itu, dengan slogan menjaga persatuan bangsa, PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal selalu tampil terdepan dalam berbagai kegiatan IPSI Kalbar.
“Terima kasih atas partisipasi PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal dalam memanjukan persilatan di Kota Pontianak. Kader PSS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, banyak membantu IPSI dalam memajukan silat di Kalbar,” kata Sutopo.

Menurut Sutopo, perkembangan Cabor Pencak Silat Kalbar sudah semakin baik, walau belum dapat berpartisipasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua. Hal ini disebabkan, saat Pra Kualifikasi PON, kontingen Pencak Silat Kalbar, tidak mampu meloloskan atletnya.

“Ke depannya, kita akan benahi, misalnya saja membenahi organisasi dan pembinaan atlet. Semoga melalui PPS Wekasan Suprih Ngudi Tunggal, akan lahir atlet-atlet berprestasi nasional,” pungkasnya. (mul)