Senin, 27 Januari 2020


Wakasad Apresiasi Semangat Komunitas Sepeda Kalbar, Tour de Singkawang Bisa jadi Agenda Tahunan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 178
Wakasad Apresiasi Semangat Komunitas Sepeda Kalbar, Tour de Singkawang Bisa jadi Agenda Tahunan

GOWES – Peserta Tour de Singkawang G150K, memasuki Kota Singkawang, Sabtu (11/1). 700 peserta dari TNI-Polri dan Komunitas Sepeda Kalbar memeriahkan event yang diselenggarakan oleh Kodam XII/Tpr dalam rangka memperingati Hari Juang ke-74 TNI AD Tahun 2019

PONTIANAK, SP - Tour de Singkawang G150K, direncanakan akan jadi agenda yang dilaksanakan setiap tahunnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, saat melepas peserta Tour de Singkawang G150K.

Pelesapan tersebut berlangsung di Pintu 2 Makodam XII/Tanjungpura, Sabtu (11/1/2020) pukul 05.00 WIB. Gowes yang menempuh route panjang Pontianak-Singkawang, dengan jarak tempuh 150 Km ini, dimeriahkan oleh 700 peserta.

Menurut Gubernur Midji, event tersebut harus dilaksanakan secara continue dan berkesinambungan. Karena sangat baik bagi pengembangan pariwisata dan bidang lainnya.

“Saya minta Disporapar Provinsi Kalbar bsia merancang kegiatan seperti ini, namun dengan rute yang berbeda. Misalnya tour Pontianak Singkawang-Aruk atau Pontianak-Singkawang-Temajuk,” papar Gubernur.

Midji juga mengapresiasi langkah Kodam XII/Tanjungpura, yang terus menggelar berbagai kegiatan, yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Ia berharap, event bersepeda bisa menjadi andalan untuk daya tarik orang datang ke Kalbar.

“Dengan 700 peserta, tentu saja ini sangat luar biasa. Bahkan, ada rombongan Wakasad yang berjumlah 200 orang dari Mabesad. Sangat cocok untuk menggairahkan bidang pariwisata di Kalbar," ungkapnya.

Gowes Tour de Singkawang G150K Kodam XII/Tanjungpura diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Juang ke-74 TNI AD Tahun 2019. Selain dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNITatang Sulaiman dan pejabat utama Mabesad, tampak pula jajaran Forkopimda Kalbar, di antaranya Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Danlantamal XII Pontianak, Danlanud Supadio, Kejati Kalbar, dan Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar.

Menurut Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XII/Tanjungpura, Kolonel ARM Hari Suprapto, yang juga merupakan Ketua Pelaksana, Tour de Singkawang G150K, berjalan lancar dan penuh kegembiraan. Dalam pelaksanaanya, peserta menempuh jarak 150 dari Pontianak-Singkawang.

Ada beberapa pemberhentian atau pit stop, di antaranya pit stop 1 di SDN 1 Segedong.  pit stop 2 doi Kantor Bupati Mempawah. pit stop 3 di Rumah Makan Pangsuma, Pit Stop 4 di SDN 01 Sungai Raya Pedalaman, pit stop 5 di Kolam Renang Rindam XII/Tpr, dan pit stop 7 finish di Kantor Wali Kota Singkawang.

"Berangkat pukul 05.00 WIB dan mencapai garis finish di Kota Singkawang pada pukul 01.30 WIB. Selama perjalanan, tidak ada kendala berarti, bahkan berlangsung semarak dan menggembirakan. Peserta mendapat sambutan dari masyarakat sepanjang route yang dilalui,” ujar Kolonel ARM Hari Suprapto.

Selain jajaran TN-Polri, Gowes Tour de Singkawang G150K, juga dimeriahkan oleh Komunitas Sepeda Kalbar, bahkan ada pula goweser dan komunitas sepeda dari luar Provinsi Kalbar. Menempuh waktu kurang lebih delapan jam perjalananan, Wakasad beserta peserta Gowes Tour de Singkawang berhasil mencapai garis finish di Kantor Walikota Singkawang,

Keberhasilan ini tidak terlepas dari adanya sambutan yang sangat antusias dan luar biasa dari masyarakat di sepanjang perjalanan. Tentunya hal ini menambah semangat dan motivasi peserta untuk terus mengayuh sepedanya hingga finish.

Sekitar pukul 13.17 WIB, Wakasad dan seluruh peserta tiba dengan aman dan selamat di kota tertoleran se-Indonesia ini. Dan langsung disambut oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama Forkopimda. Wakasad, Pangdam dan Kapolda menerima pengalungan medal finisher oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Tiba di Kota Seribu Kelenteng julukan bagi Kota Singkawang ini, para peserta juga dihibur oleh tarian tradisional Lenggok Singkawang, Barongshai serta tarian kolosal dari para personel Brigif-19/Khatulistiwa. (mul)