Senin, 17 Februari 2020


Pengurus Cabang Lemkari Landak Sukses Gelar Ujian Sabuk dan Ghashuku

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 168
Pengurus Cabang Lemkari Landak Sukses Gelar Ujian Sabuk dan Ghashuku

UJIAN KYU – Para Kohai peserta Ujian Kenaikan Sabuk (Turun Kyu), Pengcab Lemkari Landak, yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (8-9/2), di Kantor Camat Sebangki, Kabupaten Landak.

PENGURUS Cabang Lembaga Karate-Do Indonesia (Pengcab Lemkari) Kabupaten Landak, sukses menggelar Ujian Kenaikan Sabuk dan Ghasuku (Latihan Bersama). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Camat Sebangki, 8-9 Februari 2020.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan diikuti oleh 45 Kohai. Mereka terdiri dari 23 Kohai Sabuk Putih ke Kuning. Sabuk Kuning ke Hijau 16 Kohai. Sabuk Hijau ke Biru 5 Kohai, dan Sabuk Biru ke Cokelat 1 Kohai. Adapun tim penguji adalah Shihan Andris dan Shihan Illuminata Batuah. Dengan pemantau Dewan Guru Pengprov Lemkari Kalbar, Shihan Kornelis.

“Adapun peserta adalah berbagai sekolah yang punya ekstrakurkuler karate Perguruan Lemkari di Kecamatan Sebangki. Peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat, terima kasih atas partisipasinya,” kata Ketua Pengcab Lemkari Landak, Acun, S.Pd.

Adapun peserta dari sekolah antara lain SMAN 1 Sebangki, yang dipimpin Kepala Sekolah, Oma, S.Pd,. M.Pd. SMAN1 Sengah Temila, dengan Kasek Rodimin, M.Pd. SMKN1 Sengah Temila, bersama Kasek, Aliang, S.Pd. SMPN 1 Sengah Temila, dengan Robertus Suhardi, S.Pd. SMPS Sharna Mulia Aur, dipimpin Kasek, Ricky Afrisius, S.Ag. Lalu ada SDN Belangiran, dengan Kasek, Deni S.Pd.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Camat Sebangki, Bapak Suripin. Yang telah menyiapkan tempat dan memfasilitasi kegiatan ini, sehingga bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Ketua Dewan Guru Lemkari Kalbar, Shihan Kornelis menjelaskan, ujian ini untuk mengukur sampai sejauh mana para Kohai menyerap hasil latihan selama satu semester. Kemudian, Gashuku yang diselenggarakan, dimaksudkan agae menyatukan gerak dalam satu presepsi yang sama.

“Kami mengapresiasi semangat dan kebersamaan seluruh Pengcab Lemkari Kabupaten Landak, lebih khusus semangat para Kohai yang terus menempa diri dan mengikuti Ghasuku, kemudian Ujian Kenaikan Sabuk. Semoga dengan kegiatan ini, semakin memacu semua elemen dalam meningkatkan prestasi,” ujar Shihan Kornelis.

Ketua Harian Pengprov Lemkari Kalbar, Bruder Stephanus Paiman, OFM Cap, mengucapkan selamat atas terselenggaranya Ujian Kenaikan Sabuk dan Ghasuku Pengcab Lemkari Landak. Ia juga memohon maaf, karena tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut, dikarenakan ada tugas kemanusiaan yang harus dilakukannya pada saat yang bersamaan.

“Sebenarnya saya ingin hadir, tapa karena ada hal urgen, yaitu mengantar jenazah ke Desa Semayam, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, maka saya batal ke Sebangki. Mohon maaf dan selamat atas terselenggaranya kegiatan tersebut,” tutur Bruder Steph.

Bruder menjelaskan, bahwa Perguruan Lemkari sudah mendapat kekuatan hukum, setelah adanya Keputusan Mahkamah Agung (MA) soal Peninjauan Kembali (PK) atas kisruh di PB Lemkari. Untuk itu, Bruder Stpeh berharap, agar seluruh Keluarga Besar Pengpov Lemkari Kalbar bisa menguatkan kekeluargaan.

“Setelah Pengcab Lemkari Landak, maka akan dilanjutkan ujian di Melawi, Sintang, dan Pontianak. Mari kita bangun kejayaan Lemkari dengan semangat Bushido dan Sportivitas Olahraga, sebagai bagian dari jiwa ksatria,” pungkasnya. (mul)