Bengkayang post authorKiwi 03 April 2020

Re-Alokasi Anggaran Penanganan Covid-19 Masih Terkendala Status PLH Bupati

Photo of Re-Alokasi Anggaran Penanganan Covid-19 Masih Terkendala Status PLH Bupati Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Esidorus

BENGKAYANG,SP- Pemerintah Kabupaten Bengkayang akan Re-Alokasi anggaran dalam menangani pencegahan dan penyebaran virus Corona (Covid-19) di kabupaten Bengkayang.

Pemkab Bengkayang juga telah mengadakan rapat bersama DPRD dan BPKAD terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan terutama penganggaran untuk penanganan Covid-19, hal ini di sampaikan Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Esidorus saat dihubungi Suara Pemred via WhatsApp.

"Kemarin DPRD sudah mengadakan rapat bersama BPKAD Bengkayang terkait langkah-langkah penganggaran terutama mengantisipasi pencegahan dan dampak wabah virus Corona. Akan dilakukan Re-Alokasi untuk beberapa belanja daerah diantaranya belanja hibah untuk Pilkada, rasiobalisasi belanja barang dan jasa serta lain-lainnya," ujar Esidorus, Kamis (2/4).

Lanjut Esidorus, saat ini tahapan di TAPD untuk merancang jenis belanja yang nantinya akan dibahas untuk disetujui oleh DPRD. "Kendala kita adalah soal kewenangan Plh.Bupati yang terbatas karena tidak bisa mengambil langkah strategis," ucapnya.

"Dalam rapat kemarin belum bicara angka, hanya beberapa belanja yang dimungkinkan untuk digerakan dalam rangka penangan covid-19 . Misalnya hibah Pilkada tahun 2029 yang masih tersisa Rp.30 puluh milyar. Tentu semua akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah," tambahnya.

Terkait dengan status Plh. Bupati saat ini, kata Esi yang akrab disapa tentu dampaknya langkah-langkah yang hendak diambil terkendala dan terlambat.

"Dampaknya garis koordinasi kita terlambat. Langkah yang dilakukan DPRD mendesak Kemendagri agar segera mengambil langkah untuk setidaknya menunjuk seorang Plt. Bupati Bengkayang," ujar Esidorus.

Selain itu, DPRD juga mendukung langkah Pemda Bengkayang dalam penanganan kasus ini, seperti dengan memfungsikan Rumah Dinas Bupati sebagai Posko Gugus Tugas Covid-19 di Bengkayang.

"Kita mendukung langkah Pemda Bengkayang dalam penanganan dan pencegahan covid-19.Termasuk memfungsikan rumah dinas Bupati sebagai posko. Tentu kita berharap agar seluruh masyarakat Bengkayang mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mencegah virus corona," tutupnya. (Nar)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda