Bengkayang post authorelgiants 23 Maret 2020

DAD Tunda Ritual Adat Tutup Kampung

Photo of DAD Tunda Ritual Adat Tutup Kampung BERI PENJELASAN – Ketua DAD Bengkayang, Martinus Kajot (ujung kanan) memberikan penjelasan terkait penudaan ritual adat tutup kampung yang dilakukan untuk mencegah masuknya virus corona ke Bengkayang. ist

BENGKAYANG, SP - Dewan Adat Dayak (DAD) Bengkayang memutuskan menunda Pantabakng Binua atau acara adat tutup kampung yang sebelumnya akan dilakukan 23 Maret 2020. Pantabakng Binua juga merupakan adat tolak Bala atau biasa juga disebut Basamsam.

Ketua DAD Bengkayang, Martinus Kajot mengatakan, penundaan berdasarkan rapat DAD dengan pihak terkait di Aula Ramin Bantang, Bengkayang, Sabtu (21/3).

"Tolak bala dan Basamsam ditunda karena membutuhkan perencanaan matang. Karena ini menyangkut orang banyak, bukan masyarakat Dayak saja, tapi ini untuk  semua suku dan etnis di Bengkayang," ujar Kajot.

DAD Bengkayang akan menunggu hasil audensi dengan Pemkab Bengkayang. Kajot juga meminta maaf dengan beredarnya informasi di dimasyarakat mengenai rencana melakukan Pantabakng Binua.

"Kita mohon maaf kepada masyarakat Bengkayang, harap dimaklumi karena memang situasi seperti saat ini. Kita harap masyarakat bisa mengerti," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bengkayang, Fransiskus mengatakan ada beberapa pandangan yang disampaikan saat rapat bersama DAD Bengkayang. Dia meminta agar sebelum dilakukan ritual sebelumnya harus menyamakan persepsi.

"Kalau dilakukan sebagai adat tu ranahnya DAD. Tapi jika penutupan dilakukan menyeluruh atau lockdown skala kabupaten, maka itu ranahnya pemerintah," ucap Fransiskus.

Menurut Fransiskus, jika ritual adat dilakukan menutup kabupaten, tentunya ada usulan dari suku yang juga ada di Bengkayang. "Jika ada usulan tentu pemerintahan akan melakukan koordinasi dengan stakeholder," ucapnya.

 Sebelumnya DAD Bengkayang berencana melakukan Pantabakng Binua sebagai respon menghadapi wabah virus corona agar tidak masuk ke Bengkayang.

Pantabakng Binua berupa adat tolak bala jika  terjadi hal buruk yang mengancam keselamatan manusia di suatu wilayah. (nar/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda