Gaya Hidup post authorAdmin 13 Maret 2020 62

Cara Astra Motor Selamatkan Nyawa Manusia Lewat Safety Riding Education (3), Kepolisian Kalbar Apresiasi Menurunnya Angka Kecelakaan di Jalan

Photo of Cara Astra Motor Selamatkan Nyawa Manusia Lewat Safety Riding Education (3), Kepolisian Kalbar Apresiasi Menurunnya Angka Kecelakaan di Jalan TRAINING -  Safety Riding Astra Motor Team menyelenggarakan training dan edukasi keselamatan berkendara untuk duta-duta safety riding milenial di Kota Pontianak, beberapa waktu lalu.

Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar, sangat mengapresiasi gerakan Safety Riding Education, yang terus dilakukan oleh PT Astra International Tbk-Honda (Astra Motor) Pontianak. Melalui Safety Riding Education, terlihat angka kecelakaan lalu lintas di Kalbar menurun.  

Selain itu, Astra Motor Pontianak juga mendukung penuh program kepolisian, terutama dari Satlantas Pontianak Kota, yaitu Millennial Road Safety Festival beberapa waktu lalu.

Safety Riding Education menjadi salah satu pendidikan di berbagai lembaga sekolah, yang mengenalkan tentang pentingnya berkendara yang baik. Sehingga meminimalisir kecelakaan,” kata Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah.

Langkah Astra Motor Pontianak yang mendukung program pendidikan keselamatan berlalulintas inipun, disambut baik pihak kepolisian. Apresiasi diberikan kepada diler resmi sepeda motor Honda di Kalbar itu. Yaitu berupa dukungan akan seluruh kegiatan Safety Riding Education.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memupuk kesadaran untuk mematuhi segala peraturan dan rambu lalu lintas. Serta menyadari bahwa semua aturan di jalan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan setiap pengguna jalan,” ujarnya.

Safety Riding Education Team Astra Motor Pontianak, telah melaksanakan kegaitan tersebut sejak 2016. Setidaknya, ratusan kali kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya. Berbagai cara juga diterapkan, agar Safety Riding Education Astra Motor mendapat tempat di masyarakat.

“Biasanya dimulai dengan dinamika kelas. Berbagai teori dan tips berkendara yang baik, kita pahamkan. Kegiatan diselengi dengan tanya jawab, dan diakhiri dengan praktek berkendara,” kata Prastya Agusta, Instruktur Safety Riding Education Astra Motor.

Dengan memberikan contoh kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara. Selain itu, juga pemahaman sejumlah faktor penyebab kecelakaan, dan kerugian yang dialami jika terjadi kecelakaan. Pada intinya, kecelakaan di jalan raya adalah akibat adanya kelalaian dan cara mengendara yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Selanjutnya memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik berkendara yang aman. Mulai dari postur tubuh yang baik, pemahaman rambu-rambu lalu lintas, hingga memperkenalkan tagline #Cari_Aman saat naik motor dengan gaya khas anak muda. 

Safety Riding Education Astra Motor Pontianak sendiri, pernah meraih penghargaan nasional. Baik dari instruktur, anggota komunitas, dan program yang dijalankan. Untuk itu, Astra Motor Pontianak terus menggencarkan kegiatan tersebut, agar menjadi salah satu cara mencegah terjadinya kecelakaan.

“Siapa saja boleh mengajukan kerja sama dengan kami. Baik dari lembaga pendidikan, komunitas, maupun pihak swasta lainnya. Kita akan berikan Safety Riding Education sebagai bagian dari pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” pungkasnya. (aep mulyanto/selesai)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda