Melawi post authorAdmin 22 Maret 2020

Semprot Desinfektan hingga Bagikan Sabun, Kolaborasi Pemerintah, Polisi hingga Swasta Cegah Covid-19

Photo of Semprot Desinfektan hingga Bagikan Sabun, Kolaborasi Pemerintah, Polisi hingga Swasta Cegah Covid-19 BAGIKAN SABUN - Bupati Melawi, Panji melakukan aksi pembagian sabun pada masyarakat pengguna jalan di Nanga Pinoh. Selain itu, BPBD, MABT hingga Polres Melawi melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai titik.

NANGA PINOH, SP - Upaya pencegahan mewabahnya virus Corona (Covid-19) mulai dilakukan sejumlah pihak. Tak hanya pemerintah, kepolisian hingga lembaga sosial juga turun ke lapangan.

Aksi mereka mulai dari melakukan penyemprotan desinfektan di kantor, pasar, pemukiman hingga tempat ibadah sampai pembagian sabun sebagai edukasi masyarakat agar rajin mencuci tangan.

Salah satu aksi ini digelar pada Minggu (22/3/2020) pagi. Pemkab Melawi melalui Dinas Kesehatan dan BPBD bersama MABT serta BSPBK Nanga Pinoh menyemprotkan desinfektan di berbagai titik.

Penyemprotan dilakukan pada tempat fasilitas umum di Kota Nanga Pinoh, seperti di masjid, gereja, vihara, kelenteng, terminal dan fasilitas lain yang bersentuhan dengan masyarakat hingga kantor

Sedangkan pembagian sabun, sebagai simbol gerakan atau ajakan mencuci tangan dengan rajin mengunakan sabun dibagikan di area Tugu Juang kepada masyarakat pejalan kaki, pengendara mobil dan sepeda motor.

Bupati Melawi, Panji pada pelepasan tim pasukan pemberantas Covid-19 Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan semata-mata untuk mengantisipasi agar masyarakat Melawi terbebas dari corona.

“Saya memberikan apresiasi pada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Melawi. Sekarang kita perang melawan musuh yang tidak kelihatan. Pemerintah tidak boleh diandalkan sendiri memerangi wabah ini, mesti kerja sama semua pihak,” ujarnya.

Panji mengatakan, bakti sosial yang dilakukan MABT menjadi pekerjaan mulia untuk menyelamatkan umat manusia dari wabah corona di daerah Melawi.

“Kegiatan ini juga kesempatan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya virus corona ini,” kata Panji.

Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Jawahir, menjelaskan, penyemprotan dan pembagian sabun ini merupakan salah satu langkah antisipatif yang dilakukan oleh MABT, sekaligus sebagai tindak lanjut Tim Gugus Tugas  Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Melawi dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

Sementara Kepala BPBD Melawi, Syafarudin mengungkapkan, sebagai bentuk tanggap darurat wabah virus corona, jajarannya bersama pihak terkait lainnya melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah fasilitas umum seperti kantor pemerintah, masjid, gereja dan pemukiman hingga sekolah.

"Penyemprotan dilakukan untuk meminimalisir potensi penyebaran virus corona di Melawi," ujarnya.

Syafar melanjutkan, penyemprotan desinfektan juga akan dilakukan pada Senin (23/3) ini. Pihaknya juga mengajak seluruh pihak untuk menggalakkan hal serupa di lingkungannya masing masing. Ada tiga tim yang dibagi dalam aksi penyemprotan desinfektan tersebut.

Bantu Pemerintah

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi, Taufik menyampaikan, melalui bhakti sosial, MABT bekerjasama dengan Yayasan Mawar dan Badan Sosial Pemadam Bahaya Kebakaran (BSPBK) Bhakti Mulia Melawi ambil bagian membantu pemerintah dalam menangani penyebaran wabah Covid-19.

Taufik mengungkapkan, penyemprotan desinfektan dan pembagian sabun dari pihaknya berperan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini menjadi permasalahan dunia.

“Kegiatan ini antara lain adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan hal yang serupa. Karena proses ini bisa menjaga diri dan mencegah kita dari virus corona,” jelasnya.

Sebelumnya, Polres Melawi juga sudah melakukan  penyemprotan di Kantor Bupati Melawi pada Sabtu (21/3) dan berlanjut pada Minggu (22/3) dengan melakukan penyemprotan desinfektan di Pondok Pesantren Al-Ashigor yang beralamat di Jalan Nanga Pinoh - Ella Hilir Desa Semadin Lengkong Kecamatan Nanga Pinoh.

"Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi serta tindakan pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19),” ucap Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi. (eko/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda