Nasional post authorBob 29 Maret 2020

Begini Cara Sembuhkan Pasien Positif Corona

Photo of Begini Cara Sembuhkan Pasien Positif Corona

SURABAYA, SP - Wabah virus corona meluas di Tanah Air. Namun hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk melawan atau menyembuhkan pasien Covid-19.

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi mengatakan, Covid-19 bisa kalah jika ketahanan tubuh pasien baik.

"Jadi sembuh itu begini ya, virus ini (Covid-19) sampai saat ini hanya mati dengan ketahanan tubuh. Jadi kalau virus obatnya sesungguhnya pencegahan dengan vaksin, maka virus tidak bisa masuk. Tetapi saat ini belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan dari Covid-19," kata Joni di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (29/3).

Joni memberikan contoh pasien positif corona yang pernah ditangani oleh pihaknya. Menurutnya, pasien yang terkena Covid-19 kondisinya menurun.

"Nah saat kondisi menurun biasanya muncul infeksi di paru-paru gejala sesak napas, masalah di sistem pencernaan perut. Lalu apa obatnya saat infeksi? Ya kita beri antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut," jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Komandan Gugus Kuratif Penanganan Covid-19 di Jatim ini juga menyebut ada cara lain untuk mengatasi Covid-19.

"Sebetulnya virus corona itu ya obatnya suportif. Kalau sesak napas ya jalan napasnya dibantu dengan diberi oksigen. Jadi jalan napasnya dibantu, diinfus nutrisi, vitamin. Lalu juga dibuat suasana nyaman, itu sudah cukup," terangnya.

"Saat pasien positif corona punya komplikasi penyakit khusus, baru penanganan yang sangat khusus," pungkasnya.

 

Sumber: detik.com

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda