Ponticity post authorel 24 Maret 2020 396

Salah Satu Cara Terbaik Meredam Penyebaran Virus Corona

Photo of Salah Satu Cara Terbaik Meredam Penyebaran Virus Corona SOSIALISASI - Petugas gabungan Kodam XII/Tpr dan Satpol PP Provinsi Kalbar, mengimbau warga untuk tidak berkumpul dan lebih baik berdiam di rumah saja, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Mensosialisasikan pencegahan Covid-19 di sekitar Kota Pontianak, dengan menggunakan mobil berpengeras suara, Kodam XII/Tpr dan Satpol PP Provinsi Kalbar, mengimbau masyarakat untuk tidak ke luar rumah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Kapendam XII/Tpr Kolonel Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menyampaikan bahwa sosialisasi pencegahan Covid-19 untuk mengimbau warga agar tidak keluar rumah kalau memang tidak perlu, dan jaga jarak apabila berbicara dengan orang lain atau Social Distancing.

Lanjutnya, masyarakat jangan khawatir, TNI dan Pemerintah Daerah akan mensosialisasikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat Kalbar konsen untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini.

"Selama masa tanggap darurat bencana Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Gubernur. Diimbau untuk masyarakat tetap tenang dan tidak ke luar rumah," ujar Kapendam.

Kapendam mengatakan, sosialisasi ini dianggap penting agar masyarakat bisa tetap mendapatkan informasi resmi dari pemerintah dan media arus utama (Meanstream). Masyarakat tidak perlu panik dengan memborong keperluan sehari-hari.

“Tidak perlu takut, percayakan dengan pemerintah demi menjamin kebutuhan masyarakat tetap aman. Kondisi saat ini masih terkendali, sehingga semua diharapkan tetap waspada," kata Kolonel Inf Aulia.

Presiden Joko Widodo sendiri telah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi menakan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Jokowi mengimbau agar kegiatan seperti belajar, bekerja dan beribadah baiknya dilakukan di rumah.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi.

Karantina merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran penyakit menular. Karantina umumnya dilakukan pada orang-orang atau kelompok yang tidak memiliki gejala tetapi terkena penyakit. Karantina menjauhkan mereka dari orang lain sehingga mereka tidak menginfeksi siapa pun.

Karantina bukan satu-satunya cara untuk melindungi diri selama wabah seperti virus corona COVID-19 ini. Spesialis penyakit menular Steven Gordon, MD dari Cleveland Clinic menjelaskan ada beberapa cara untuk menjauhkan diri dari penyakit, salah satunya Social Distance atau Social Distancing.

Apa Itu Social Distance? Social distance atau Social Distancing adalah masyarakat diminta untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Jika Anda harus berada di sekitar orang, jaga jarak dengan orang lain sekitar 6 kaki (2 meter).

Namun, Gordon menyebut, belum jelas berapa jumlah dari "kerumunan" tersebut, yang harus dihindari. Apakah empat orang termasuk dalam kerumunan? Atau harus berjumlah ratusan? Akan tetapi, umumnya yang dimaksud dengan kerumunan orang adalah pusat perbelanjaan, bioskop atau stadion.

"Kerumunan orang merupakan subjek yang bergerak. Meskipun angka 25 sering dikutip [sebagai penjelasan untuk kerumunan orang], tetapi saat ini tidak ada definisi resmi - dan itu dapat berubah," kata Gordon.

Walaupun mungkin mengecewakan mendengar bahwa begitu banyak acara olahraga, festival, dan pertemuan lainnya dibatalkan, ada alasan kesehatan masyarakat untuk tindakan ini. Pembatalan ini membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit yang memungkinkan sistem perawatan kesehatan untuk lebih siap merawat pasien dari waktu ke waktu.

Membatalkan acara yang cenderung menarik perhatian banyak orang adalah contoh social distance. Social distance sengaja meningkatkan ruang fisik antara orang-orang untuk menghindari penyebaran penyakit. (pendam xii/tpr/cnn)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda