Ponticity post authorKiwi 25 Maret 2020 242

DPD Partai Hanura Kalbar Instruksikan Kader Bentuk Tim Pekat Corona

Photo of DPD Partai Hanura Kalbar Instruksikan Kader Bentuk Tim Pekat Corona Sekretaris DPD Hanura Provinsi Kalbar, Harry A Daya

PONTIANAK - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Kalimantan Barat menginstruksikan kepada kader - kader partai, di seluruh 14 DPC Kota/Kabupaten di Kalbar, termasuk kepada 47 anggota dewan dari Partai Hanura untuk membentuk Tim Pekat Corona Hanura.

"Dibentuknya tim Penanganan Tetangga dan Warga Terdekat (Pekat) ini, bertujuan untuk bisa membantu orang atau sebuah keluarga yang tinggal dekat dengan pengurus, kader atau dewan dari Partai Hanura, terlebih bagi warga yang perekonomiannya terdampak akibat wabah virus Corona ini. Seperti keluarga buruh harian lepas yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik makan atau lainnya," kata Sekretaris DPD Partai Hanura Kalbar, Harry A Daya kepada wartawan di Pontianak, Rabu (25/3).

Menurut Harry, efek dari diterapkannya social discanting  oleh pemerintah daerah, seperti penutupan atau pembatasan aktivitas di tempat usaha dan sekolah sangat terasa. Pasalnya, masyarakat lebih fokus berada di rumah. Sontak, kondisi ini membuat banyak kepala keluarga yang bekerja sebagai buruh harian lepas, seperti juru parkir, buruh angkut, tukang, pelayan toko, ojek online, sopir oplet, tukang sampan dan lainnya mendadak tidak bisa lagi mencari nafkah untuk keluarganya.

"Tentu keadaan ini yang harus kita antisipasi. Memang kita Partai Hanura tidak bisa membantu semuanya, tetapi jika semua partai atau semua warga maupun lembaga dan instansi lainnya punya rasa kebersamaan untuk membantu meringankan situasi mereka, maka itu akan sangat membantu. Untuk itu, sebesar dan seberat apapun yang diberikan, jika dilakukan bersama - sama akan lebih ringan," tambah Harry.

Adapun bantuan yang akan diberikan oleh Tim Pekat, di antaranya sembako terdiri dari beras, mie instan dan telur serta masker.

"Ini akan disalurkan secara tertutup, agar terdata dan tepat sasaran," ungkap dia. Sebelum itu, DPD Hanura Kalbar meminta pengurus di tingkat DPD, DPC dan anggota dewan untuk mendata dan mengecek langsung kondisi warga di lingkungan tempat tinggalnya yang terdekat. Jika dari hasil pengecekan, terdapat ada keluarga yang masuk ke dalam kategori fakir atau miskin, maka warga tersebut wajib dibantu.

"Saya harap para anggota dewan harus peka terhadap kondisi warga yang dalam kesulitan, karena itulah dia pilih," tuturnya.

Sebelumnya, kata Harry, DPP Hanura juga telah mengintruksikan agar seluruh kompenen partai mengikuti dan menjalankan arahan pemerintah pusat dan daerah dalam hal melawan atau mencegah penyebaran Covid-19, sepeti menjalani hidup sehat dan bersih, tidak berkeluyuran serta melakukan gerakan sosial dalam rangka membantu pemerintah memberantas wabah virus Corona ini.

"Kemarin, kawan - kawan dari Lasmura sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi, rumah ibadah, dan tempat umum lainnya," kata Harry. Sementara itu, Sekretaris Panitia Musda Partai Hanura, Budiman Tahir menyampaikan akibat merebaknya wabah virus Coronanini, pelaksanaan Musyawarah Daerah Partai Hanura se Kalimantan Barat terpaksa ditunda.

"Dalam rapat panitia Musda yang dihadiri seluruh panitia pelaksana dan Plt Ketua DPD Hanura Kalbar merekomendasikan, agar pelaksanaan Musda ditunda. Ini juga berkaitan dengan surat edaran dan imbauan dari Gubernur Kalbar dan pemerintahan pusat, termasuk Kapolri untuk tidak melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang sampai batas waktu yang belum ditentukan," tutur Budiman Tahir. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda