Sanggau post authorAdmin 25 Maret 2020 47

Cek Suhu Tubuh Peserta Rapat Paripurna, DPRD Sanggau Terapkan Protokol Kesehatan

Photo of Cek Suhu Tubuh Peserta Rapat Paripurna, DPRD Sanggau Terapkan Protokol Kesehatan CEK SUHU - Bupati Sanggau, Paolus Hadi cek suhu tubuh sebelum memasuki ruang rapat di DPRD Sanggau, Selasa (23/3).                                       Ist

Sanggau, SP - DPRD Sanggau menerapkan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Sekretariat DPRD Sanggau. Saat rapat paripurna penyampaian LKPJ Bupati Sanggau Tahun Anggaran 2019 di Lantai III Gedung DPRD Sanggau, Selasa (24/3), seluruh peserta rapat wajib menaati aturan tersebut.

Ketua DPRD Sanggau, Jumadi mengatakan, penerapan standar protokol kesehatan merujuk pasal 114 Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Sanggau Nomor 1 Tahun 2018 dan Surat Edaran Bupati Sanggau Nomor: 800/1076/BKPSDM-A tanggal 17 Maret 2020 tentang Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Terhadap Penyebaran dan Penularan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Jadi sebelum masuk ruangan rapat, siapapun itu harus mematuhi standar protokoler kesehatan yang sudah kami berlakukan. Diantaranya cek suhu tubuh menggunakan thermometer infrared, menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer. Semua pelayanan yang kami berikan itu gratis,” kata Jumadi.

Penerapan standar protokol kesehatan yang diterapkan DPRD Sanggau diapresiasi Ketua Persatuan Wartawan Sanggau (Pewarsa), Abang Indra. Ia berharap seluruh instansi pemerintah yang ada di Kabupaten Sanggau memberlakukan aturan yang sama.

“DPRD Sanggau melaksanakan betul instruksi Bupati, terkait keterlibatan dan peran aktifnya memerangi penularan Covid-19. Saya berharap instansi lain juga melakukan hal yang sama,” harap Indra.

Bersih Lingkungan

Karang Taruna Riak Sengoret Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau bersama warga melaksanakan bersih-bersih lingkungan di Dusun Simpang Tanjung, Rabu (25/3). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan memerangi Virus Corona (Covid-19).

“Hari ini (kemarin, red) kami dibantu warga melakukan bersih-bersih lingkungan kampong, setelah tiga hari kami berpantang. Fokus kami di lokasi ritual tolak bala dan lokasi lain yang ditemukan tumpukan sampah. Ini bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dalam memerangi Virus Corona,” kata Ketua Karang Taruna Riak Sengoret, Yohanes Christian Ferry.

Ia mengungkapkan, di salah satu lokasi ditemukan sampah yang diduga berisi sampah medis. “Di dekat kawasan pertanian (masyarakat setempat menyebutnya puncak), kami juga menemukan sampah diduga berisi sampah medis. Ada kartu berobat, masker dan sarung tangan di dalam kantong plastik besar,” ungkap Ferry.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut dia, sampah tersebut dibakar di lokasi. “Kami bakar di lokasi. Kami meminta kepada siapapun untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi yang berkaitan dengan sampah medis,” tegas Ferry.

Ia menambahkan, di lokasi tersebut kini sudah dipasang imbauan. “Kami sudah pasang peringatan atau imbauan di lokasi tersebut, agar tidak ada lagi yang membuang sampah di lokasi tersebut,” pungkas Ferry. (jul)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda