Sanggau post authorAdmin 25 Maret 2020 38

Warga Dusun Bukong Sambut Baik Keberadaan TMMD, Kepala Adat Minta Bantuan Sertu Yanto Bina Kalangan Muda

Photo of Warga Dusun Bukong Sambut Baik Keberadaan TMMD, Kepala Adat Minta Bantuan Sertu Yanto Bina Kalangan Muda Warga Dusun Bukong Sambut Baik Keberadaan TMMD, Kepala Adat Minta Bantuan Sertu Yanto Bina Kalangan Muda

SANGGAU, SP - Anggota Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, melalui Babinsa, Sertu Yanto melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), dengan Ketua Adat Dusun Bukong, Desa Pandu Raya Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Bapak Saputra.

Menurut Sertu Yanto, pentingnya peran serta Babinsa dalam pemberdayaan dan pengusaan wilayah, tidak lepas dari kemampuan pengetahuan Babinsa untuk menguasai dan memahami adat istiadat di suatu wilayah binaanya.

“Seperti halnya yang saya dilakukan, dengan melaksanakan Anjangsana di rumah Kepala Adat, Bapak Saputra di Desa Pandu Raya, Kecamatan Parindu. Tujuannya untuk menggali tentang budaya dan adat istiadat wilayah yang harus tetap terpelihara serta dilestarikan oleh generasi muda,” kata Sertu Yanto.

Dengan Komsos tersebut, Kepala Adat Dusun Bungkong, Bapak Saputra menyambut baik kehadiran Satgas TMMD tersebut, dan memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang sejarah adat istiadat maupun budaya yang digunakan di wilayah.

“Sehingga dapat dijadikan bahan data oleh Aparat Teritorial, khususnya Babinsa untuk senantiasa mematuhi dan menghormati adat istiadat yang berlaku di wilayah binaan serta mengikuti norma-norma budaya yang sudah menjadi kebiasaan warga binaan,” ujar Saputra.

Kepala Adat Bapak Saputra, berharap penuh kepada Babinsa untuk turut serta memberikan pembinaan kepada generasi muda agar turut serta melestarikan budaya dan adat istiadat setempat karena seiring dengan perkembangnya zaman.

“Budaya daerah seakan-akan mulai hilang secara perlahan karena pengaruh oleh  budaya luar yang secara tidak langsung merusak  kehidupan generasi muda di wilayah binaan,” jelasnya. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda