Sanggau post authorKiwi 29 Maret 2020

Potret Kemanunggalan Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau

Photo of Potret Kemanunggalan Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau TINJAU - Kasiter Korem 121/Abw, Kolonel Inf Nyamin, meninjau kegiatan TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, di Dusun Jonti, Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas, Kab Sanggau, Kamis (26/3).

Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa Reguler Perbatasan (Satgas TMMD Regtas) ke-107 Kodim 1204/Sanggau, terus berbuat yang terbaik dalam rangka pengabdian untuk negeri dalam membangun bangsa dari desa. Kemanunggalan TNI-Rakyat, jadi tujuan akhir kegiatan ini.

Berbagai wujud pengabdian untuk negeri dalam rangka kemanunggalan TNI-Rakyat tersebut, dibuktikan oleh Koptu Heronimus, yang membantu ibu Ratna dalam mencari dan mengolah bahan sayuran di Dusun Jonti, Desa Sei Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Sabtu (28/3).

Di sela kesibukannya, sebagai Anggota Satgas TMMD, yang membangun sasaran fisik TMMD, yang dilaksanakan di Dusun Jonti, Koptu Heronimus selalu menyempatkan diri membaur dengan masyarakat, salah satu kegiatannya adalah membantu Ibu Ratna dalam mencari dan mengolah bahan sayuran. Tampak tawa riang terlihat dari wajah Ibu Ratna dan ibu-ibu lainnya dalam perbincangan, sembari memilih dan mengolah sayuran untuk di jadikan menu makan bersama Anggota Satgas TMMD.

“Sebagai aparat kewilayahan, sangat penting menjalin keakraban dan tali silaturahmi dengan masyarakat, karna dengan itu, kita dapat selalu berinteraksi dengan baik satu sama lain dengan warga,” kata Koptu Heronimus.

Koptu Heronimus, adalah bagian Satgas TMMD, selalu membantu masyarakat jika ada masyarakat terkena masalah atau perlu bantuan sehingga masyarakat semakin percaya dan senang dengan keberadaan TNI.

“Ini jadi bagian tugas TNI AD, karena adanya TNI juga berasal dari masyarakat. Kita akan terus bekerja sama dan manunggal bersama Rakyat, dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Koptu Heronimus.

Dalam kegiatannya juga sebagai aparat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat babinsa selalu ada untuk masyarakatnya, seperti yang dilakukan Koptu Heronimus, yang membantu membantu warga.

“Dengan ini keakraban antara TNI dan masyarakat akan semakin terjalin baik, dan selalu terjalin kerjasama yang baik antara TNI dan masyarakat,” paparnya.

Bantu Betulkan Motor Contoh lain kepedulian Anggota Satgas TMMD kepada warga di lokasi, adalah saat ada salah satu warga setempat yang sedang mengalami kesulitan, mereka langsung turun memberi pertolongan.

Misalnya, saat melihat ada warga yang motornya mogok saat melintas di lokasi TMMD Regtas ke-107 Dusun Jonti, Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Satgas TMMD langsung membantu warga tersebut.

Dengan pengetahuan sedikit yang dipunyai, Serka Berry terlihat mengotak-atik sepeda motor yang mogok tersebut. Aksi Serka Berry, mendapat apresiasi dari Bapak Sumardi, yang merupakan Tokoh Masyarakat Dusun Jonti.

Ia mengatakan, warga Dusun Jonti khususnya dan warga Desa Sungai Batu umumnya, merasa terbantu atas hadirnya Bapak-bapak TNI, untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan di Desanya.

"Kami ucapkan banyak terima kasih atas kepedulian dan bantuan Bapak TNI selama ini. Terima kasih juga sudah membangun peningkatan jalan menjadi bagus dan jembatan di Desa kami. Yang sering kami lalui untuk pergi bekerja atau ke kota" katanya.

Kepedulian Anggota Satgas TMMD Regtas ke-107 TA 2020 Kodim 1204/Sanggau, membuat Dansatgas, Letkol Inf Gede Setiawan sangat bangga. Ia mengakui, meski sibuk melaksanakan pengerjaan sasaran utama fisik TMMD, tetapi tetap hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Sikap seperti ini menunjukkan seorang prajurit sejati. Warga terbantu dengan berbagai aktivitas pembangunan dan kehadiran Satgas TMMD di lokasi kegiatan," ujar Letkol Inf Gede Setiawan.

Sebelumya, Anggota Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, Serda Aristania yang akan berangkat ke lokasi TMMD, secara tak sengaja lewat di depan ibu-ibu, yang sedang memotong-motong sayuran dari umbut kelapa sawit.

Ia melihat Ibu Ratna yang asyik memotong sayur, sehingga langsung disamperin dan ikut bergabung membantu memotongkan umbut sawit yang nantinya untuk dibuat sayur untuk dimakan.

Kebiasaan masyarakat Dusun Jonti, sudah menjadi tradisi kalau akan masak sayur dari umbut kelapa sawit, selalu dikerjakan beramai-ramai. Di bawah rindangnya pohon bambu tersebut, anggota satgas TMMD bersama ibu Ratna dan ibu ibu lainya sambil bergembira riang memotong umbut kelapa, selain dalam barlatih perang anggota satgas TMMD juga tidak mau kalah dalam bidang memasak.

Ibu Ratna mengatakan baru kali ini bertemu dengan bapak-bapak TNI yang dengan ramahnya tanpa dimintai bantuan dan tanpa sungkan sungkan mau membantu ibu-ibu menyiapkan bahan untuk dijadikan sayur yaitu umbut kelapa sawit.

“Kami sangat merasa senang dan berterima kasih kepada Satgas TMMD yang telah bekerja siang malam mengerjakan pembangunan di Dusun Jonti ini,” ungkapnya.

Nikmati Makan Siang Karena sudah berbaur dengan masyarakat setempat, maka Anggota Satgas TMMD Regtas ke-107, biasa menikmati makan siang di lokasi kegiatan. Ucapan syukur, selalu disampaikan oleh Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, dalam pengabdiannya di lokasi kegiatan.

Hal ini tidak terlepas berbagai kemudahan dan kelancaran yang diberikan saat melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satu nikmat yang didapat adalah saat merasakan menikmati hidangan makan siang bersama masyarakat di lokasi TMMD, Dusun Jonti, Desa Sei Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.Di sela-sela istirahat kerja siang, makan siang bersama ini rutin dilakukan.

“Makan siang bersama Anggota Satgas TMMD dan masyarakat, setelah pengerjaan jalan, menambah jalinan kekompakan dan hubungan yang baik. Momen ini juga jadi sarana untuk semakin mendekatkan diri,” Koptu Heronimus.

Masyarakat pun merasa sangat gembira dengan adanya makan siang bersama Anggota Satgas TMMD. Warga mendapat kesempatan untuk saling bertukar lauk pauk, dan menjadi momen yang menyenangkan dapat berbaur bersenda gurau yang semakin akrab.

“Bisa berbagi cerita dan saling melepas lelah bersama. Kami warga desa sungguh merasa sangat senang, karena ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kami,” kata Imam, salah satu warga sembari tersenyum.

Kegiatan makan siang seperti inilah yang akan membuat kekompakan antara Anggota Satgas TMMD dan masyarakat Akan semakin erat dan di harapkan para masyarakat dan Anggota satgas TMMD dapat lebih bersemangat utuk menyelesaikan pekerjaan pembuatan jalan di Dusun Jonti agar lebih cepat selesai dan dapat membawa manfaat Yang baik untuk masyarakat.

Galakkan Anjangsana Warga Guna menjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat, anggota Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau TA. 2020, melaksanakan Anjangsana ke rumah warga. Pada Senin (23/3), rumah Bapak Bahtiar, di Dusun Sekura, Desa Semerangkai, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, jadi sasaran anjangsana tersebut.

“Selain melaksanakan tugas pokok pembangunan fisik di Dusun Sekura, kami juga melakukan Anjangsana ke rumah warga. Sebagai sarana komunikasi sosial bersama warga, guna menjalin silaturahmi,” papar Koptu Dwi Andoko.

Anjangsana tersebut, kata Kotpu Dwi Andoko, merupakan salah satu cara anggota Satgas TMMD Regtas ke-107, untuk mengetahui tentang kondisi masyarakat.

“Anjangsana adalah salah satu Komsos di wilayah binaan, baik dengan Toga, Tomas, Toda maupun dengan pejabat pemerintahan desa,” katanya.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di rumah Bapak Bahtiar, Anggota Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, bertukar pendapat dan memberikan arahan serta informasi yang sedang berkembang.

Di tempat terpisah, Dandim 1204 /Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan menyampaikan kehadiran anggota Satgas TMMD di wilayah sangat membantu masyarakat dan sangat dibutuhkan.

“Dengan kedekatan antara anggota dan perangkat desa, serta masyarakat di wilayah, maka akan membantu wilayah itu untuk selalu kondusif, terjaga, aman, dan bisa melaksanakan pembangunan dengan baik,” ungkap Dandim 1204/Sanggau.

Kemanunggalan Anggita Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sgu, mendapat apresiasi dari Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam XII/Tpr, Letkol Inf Achmad Syaikhu, selaku Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD Regtas ke -107 Kodim 1204/Sgu. Waaster datang langsung ke Dusun Jonti, Desa Sei Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Dalam kunjungan tersebut didampingi Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan dan Pasiterdim 1204/Sanggau, Kapten Inf Eko Prasetyo Widodo.

Waaster Kasdam Kodam XII/Tpr Letkol Inf Achmad Syaikhu mengatakan "Kunjungan ini bermaksud untuk meninjau sampai sejauh mana pengerjaan pembangunan yang dilakukan oleh personel Satgas TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sgu, serta melihat kondisi personel Satgas TMMD,” katanya.

Demikian pula yang disampaikan oleh Kepala Seksi Teriotorial Komando Resort Militer (Kasiter Korem) 121/Abw, Kolonel Inf Nyamin, saat meninjau Kegiatan TMMD Regtas ke-107 Kodim 1204/Sanggau, di Dusun Jonti, Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas, Kab Sanggau, Kamis (26/3). Peninjauan ke lokasi TMMD Regtas KE-107 Kodim 1204/Sgu ini, dilaksanakan untuk melihat hasil pekerjaan dari personil Satgas TMMD, dan sekaligus mengecek apa yang menjadi kendala di lapangan saat pengerjaan pembangunan.

Turut mendampingi Kasiter Korem 121/Abw, Kolonel Inf Nyamin, Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Gede Setiawan dan Pasiter Korem 121/Abw Mayor Inf Juri. Setibanya di Dusun Jonti, Desa Sungai Batu, Kasiter Korem 121/Abw, langsung meninjau pembangunan jembatan yang sedang dikerjakan oleh personil Satgas TMMD beserta masyarakat Dusun Jonti.

Masyarakat yang sedang bekerja sangat antusias menyambut kedatangan Kasiter Korem 121/Abw. “Saya bangga melihat antsusiame warga membantu Satgas TMMD Regtas ke-107 mengerjakan semua program yang direncanakan. Semoga dengan kerja sama ini, bisa menumbuhkan semangat gotong-royong dan kemanunggalan TNI-Rakyat,” kata Kasiter Korem 121/Abw, Kolonel Inf Nyamin. (aep mulyanto)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda