Sekadau post authorelgiants 01 April 2020

Jalan Sekadau-Rawak Hancur

Photo of Jalan Sekadau-Rawak Hancur AMBLAS - Kondisi ruas jalan Sekadau – Rawak, Kabupaten Sekadau. Tampak mobil amblas saat melewati jalan provinsi tersebut.    Ist

Ruas jalan dari ibukota Kabupaten Sekadau menuju Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap menjadi sorotan akhir-akhir ini, karena kondisinya rusak parah. Namun, perbaikan jalan provinsi itu sulit dilakukan. Pasalnya, Menteri Keuangan telah menerbitkan surat edaran untuk menghentikan seluruh kegiatan fisik yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menanggapi kondisi tersebut, Anggota DPRD Provinsi Kalbar asal Nanga Mahap, Aron menyatakan, ruas jalan tersebut memang merupakan tanggungjawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar.

“Kita menerima banyak keluhan dari masyarakat tentang kerusakan ruas jalan Sekadau menuju Rawak, Nanga Taman dan Nanga Mahap. Memang jalan itu menjadi kewenangan Pemprov Kalbar. Kami di DPRD Provinsi Kalbar sudah sering menyampaikan hal ini kepada Gubernur untuk ditindaklanjuti,” ujar Aron dalam siaran pers, Senin (30/3). 

Namun, situasi saat ini Indonesia ditengah pandemi Covid-19, dimana Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati telah menerbitkan surat edaran untuk menghentikan seluruh kegiatan fisik yang menggunakan DAK. Aron memperkirakan, kemungkinan Pemprov Kalbar belum melanjutkan pembangunan ruas jalan tersebut.

Meski begitu, Aron memastikan DPRD Kalbar tetap akan mencari solusi untuk menyiasati perbaikan ruas jalan tersebut.

“Saat ini seluruh kegiatan fisik dari DAK dihentikan. Kita perlu memahami situasi ini, karena penanganan Covid-19 membutuhkan biaya yang besar. Kita belum tahu pasti, apakah pembangunan jalan Sekadau menuju Nanga Mahap dilanjutkan atau tidak,” jelas Aron.

Ia menambahkan, semua pihak ikut bertanggungjawab merawat jalan, termasuk para pengguna jalan.

“Saya sudah koordinasi dengan beberapa rekan untuk perbaikan sementara ruas jalan Sekadau-Rawak, minimal di titik yang mengalami kerusakan parah. Karena ini bagian dari tanggungjawab kami sebagai perwakilan masyarakat Sekadau di provinsi. Mudah-mudahan tidak ada kendala, beberapa hari ke depan sudah bisa dilaksanakan,” harap Aron. (akh/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda