Ketapang post authorBob 25 Maret 2020

PT WHW Salurkan Bantuan 100 APD dan Ribuan Alat Kesehatan untuk Tangani Covid-19 di Kalbar

Photo of PT WHW Salurkan Bantuan 100 APD dan Ribuan Alat Kesehatan untuk Tangani Covid-19 di Kalbar BANTUAN - Perwakilan PT WHW, Sumarno saat menyerahkan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke RSUD Soedarso Pontianak diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson.

KETAPANG, SP - PT Well Harvest Winning (WHW) Alumina Refinery melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengusung tema “Gerakan Hati BersamaTangani Corona” bergerak cepat menyalurkan bantuan alat penunjang kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah daerah.

PT WHW menyalurkan sedikitnya 3.000 masker, 7.000 vitamin, 15.750 ml sabun tangan dan 100 Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis ketiga lokasi berbeda di antaranya di RSUD Soedarso Pontianak, RSUD Agoesdjam dan di Kecamatan Kendawangan.

Untuk penyerahan bantuan di RSUD Soedarso Pontianak, langsung diserahkan Wakil Kepala Cabang Pontianak yang merupakan Perwakilan PT WHW, Sumarno ke Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Harrison bersama Wakil Direktur 1 RSUD dr Soedarso, Dr.dr. Pinda Hutajulu Sp,OG.K.Fer di RSUD dr Soedarso Pontianak, Senin (23/2).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengucapkan terimakasih ataa kepedulian PT Well Harvest Winning Alumina Refinery dengan memberikan bantuan alat penunjang kesehatan dan sosialisasi antisipasi Corona kemasyarakat.

“Saya berharap gerakan ini diikuti oleh semua pihak, seperti yang dilakukan PT Well Harvest Winning yang ikut membantu menangani penanganan virus Corona,” katanya.

Sementara itu, Wakil Direktur 1 RSUD dr Soedarso, Dr. dr. PindaHutajulu, bantuan ini sangat berarti karena rumah sakit kekurangan APD.

“Tim medis yang menggunakan APD ini akan disebar ke banyak bagian termasuk yang langsung menangani pasien Corona, lalu bagian pelayanan dan Poliklinik,” tuturnya.

Sedangkan bantuan di RSUD Agoesdjam Ketapang, diserahkan langsung Community Manager PT WHW, Mujiati ke Kepala RSUD Ageosdjam Ketapang berupa 50 set APD dan alat penunjang kesehatan lainnya yang diserahkan pihaknya ke pihak Agoesdjam, Senin (23/03/2020).

Sementara itu, bantuan di Kendawangan diserahkan langsung oleh Corporate Social Responsibility PT WHW Novari Mursita ke Sekertaris Camat Kendawangan Ya'isnajuardi selaku Perwakilan Musyawarah Pimpinan Kecamatan(Muspika) Kendawangan.

Perwakilan PT WHW Sumarno mengaku, kalau PT WHW sangat mengapresiasi pada petugas layanan kesehatan, pemerintah daerah, media dan masyarakat yang berada digaris depan berupaya mengatasi virus Corona.

“Perseroan bertekad penuh untuk mendukung semua pemangku kepentingan (stakeholders) selama masa penuh tantangan ini dengan mengambil langkah strategis untuk manahan laju persebaran virus Corona,” katanya.

Sementara itu, General Manager Site PT WHW, Dev Herinda mengatakan, untuk menghadapi berbagai keadaan darurat mengikuti arahan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang mengeluarkan surat edaran dengan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk tanggap darurat virus Corona dalam penanganan, pengendalian dan penghentian penularan virus tersebut di Kalimantan Barat, maka perseroan telah mengambil kebijakan dan tindakan pengurangan sebagian kegiatan karyawan dengan melakukan perkerjaan dari rumah (work from home).

Ia melanjutkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghindari dan antisipasi lebih dini dan menyeluruh bagi seluruh karyawan yang bekerja di site PT WHW di Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Sasaran kegiatan tersebut untuk meningkatnya pemahaman dan kesadaran karyawan, serta menjaga keamanan seluruh karyawan PT WHW dari terpapar dan terjangkit virus Corona.

“Untuk diketahui, pada 27 Januari 2020, perseroan juga telah mengumumkan ke publik bahwa tidak mengizinkan tenaga kerja asing PT WHW untuk melakukan perjalanan ke China dan sebaliknya berlaku sejak 26 Januari 2020 hingga waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Ia mengaku, bahwa PT WHW senantiasa taat dan patuh dengan himbauan yang disampaikan dinas-dinas terkait untuk melakukan pencegahan dini. Oleh karena itu, perseroan telah melakukan sosialisasi ke karyawan lokal dan asing untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja dan diri dengan selalu mencuci tangan setelah beraktivitas.

Perseroan juga selalu melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap tenaga kerja asing dan tenaga kerja lokal yang berdomisili di site Kendawangan.

Bahkan, para karyawan tiga kali diperiksa kesehatannya menggunakan thermal scanner, diberikan multivitamin, selalu memakai masker dan edukasi kesehatanyang rutin dilakukan dalam bentuk flyer ke seluruh karyawan.

PT WHW juga telah menyiapkan klinik, ambulan, dan ruang karantina yang siap melayani 24 jam dalam tujuh hari sepekan untuk pelayanan kesehatan, jika dikemudian hari terdapat tenaga kerja yang mengalami gejala pneumonia. (teo/bob/pk)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda