Ponticity post authorKiwi 21 Maret 2020 3,664

Satu Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 di Kalbar Meninggal Dunia

Photo of Satu Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 di Kalbar Meninggal Dunia Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harrison

PONTIANAK, SP - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso Pontianak meninggal dunia. Pasien ini sebelumnya pada 21 Februari hingga 27 Februari melakukan perjalanan ke Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengikuti acara sajadah fajar.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrison mengkonfirmasi hal tersebut. Dikatakannya pada 28 Februari pasien tersebut sudah kembali ke Kota Pontianak. Kemudian Pada 8 Maret pasein tersebut menderita demam dan batuk. Selanjutnya pada tanggal 13 Maret berobat ke dokter.

"Tanggal 20 Maret pagi berobat ke salah satu rumah sakit di Kota Pontianak," ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrison pada Sabtu (21/3).

Kemudian pada 20 Maret sore pasien dirujuk ke RSUD dr Soedarso Pontianak. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel tenggorokan untuk dikirim ke Jakarta.

"Akan tetapi pada 21 Maret pagi sekitar jam 7.30 pagi pasein meninggal dunia," ungkapnya.

Pasien tersebut sebelumnya memang masuk dalam kategori PDP Covid-19. Sehingga belum tentu pasein tersebut positif Corona.

Setelah dipelajari lebih lanjut pasien tersebut dengan usia 69 tahun pasien ini memiliki penyakit diabetes. Perjalanan ke Putussibau membuat pasien tersebut lelah. Dinkes Provinsi Kalbar telah melakukan tracking terhadap semua orang yang telah berkontak dengan pasien tersebut.

Berdasarkan penyelidikan tidak ditemukan orang dari luar negeri atau warga Kalbar yang dari luar mengikuti acara sajadah fajar.

"Kemudian kita juga telah melakukan penyelidikan epidemiologi, termasuk apakah ada warga dari Sarawak atau warga kita dari luar negeri yang mengikuti acara sajadah fajar," pungkasnya.(din)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda