Sambas post authorelgiants 24 Maret 2020 558

MUI Sambas Imbau Pengurus Masjid Semprot Disinfektan Masjid

Photo of MUI Sambas Imbau Pengurus Masjid Semprot Disinfektan Masjid Sekretaris MUI Kabupaten Sambas, Sumar'in

SAMBAS, SP - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas mengeluarkan imbauan kepada seluruh kaum muslimin di Kabupaten Sambas untuk dapat berupaya mencegah penyebaran virus corona (covid-I9). Hal ini disampaikan Sekretaris MUI Kabupaten Sambas, Sumar'in, kemarin.

Selain meminta masyarakat tetap tenang, imbauan itu juga memuat tentang tata cara beribadah selama pandemi ini berlangsung.

"Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tertanggal 16 Maret 2020/21 Rajab 1441 H tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah corona virus disease-19 (covid-19), maka dengan ini kami mengimbau pada seluruh kaum muslimin di Kabupaten Sambas untuk dapat berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-I9)," ungkapnya.

Sumar'in mengatakan agar setiap umat muslim di Kabupaten Sambas senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, memperbanyak salawat, sedekah, serta senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan
perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya, khususnya wabah covid-19.

"Membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardu, mengupayakan pelaksanaan Salat Jumat dilaksanakan dengan jamaah yang homogen atau tidak melibatkan orang/jamaah di luar kelompok, atau masyarakat yang diyakini lingkungan masjid/jamaah tidak ada yang tersuspect virus corona (covid-19)," paparnya.

Selanjutnya, kata Sumar'in, masjid untuk pelaksanaan Salat Jumat berjemaah dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan.

"Pengurus masjid (DKM) harus menyediakan hand sanitizer di area Masjid. Kemudian setiap jemaah yang akan melaksanakan salat berjemaah membawa alas/sajadah masing-masing. Imam disarankan untuk membaca surat-surat pendek," katanya.

Setiap jemaah juga tidak diperkenankan melakukan kontak langsung dengan sesama jemaah seperti bersalaman dan berpelukan.

"Setelah melaksanakan salat, semua jemaah membubarkan diri dan dianjurkan memperbanyak aktivitas dan ibadah di rumah masing-masing," tukasnya. (noi/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda